Tak Dilibatkan Pemkot, DPRD Kota Jogja Bikin Pansus Relokasi PKL Malioboro

DPRD Kota Jogja belum mengetahui urgensi relokasi PKL Malioboro. Mereka tidak dilibatkan dalam pembahasan rencana relokasi PKL Malioboro oleh Pemkot Jogja.

 Suasana gedung DPRD Kota Jogja saat sejumlah PKL menyampaikan aspirasinya berkaitan dengan relokasi ke tempat baru yang sedianya bakal dilakukan dalam waktu dekat, Senin (17/1/2022). (Harianjogja.com/Yosef Leon)

SOLOPOS.COM - Suasana gedung DPRD Kota Jogja saat sejumlah PKL menyampaikan aspirasinya berkaitan dengan relokasi ke tempat baru yang sedianya bakal dilakukan dalam waktu dekat, Senin (17/1/2022). (Harianjogja.com/Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA — DPRD Kota Jogja tidak dilibatkan dalam rencana relokasi pedagang kaki lima (PKL) Malioboro oleh Pemkot Jogja dan Pemprov DIY.

Ketua DPRD Kota Jogja, Danang Rudyatmoko, menjelaskan sejak awal urgensi relokasi PKL Malioboro belum diketahui secara detail. Pihaknya juga tidak dilibatkan dalam rencana relokasi itu. Oleh karenanya, sejak awal isu relokasi mencuat, Danang mengklaim DPRD telah melakukan pembahasan soal pembentukan panitia khusus (pansus).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Semoga hari ini bisa segera dibentuk [pansus] dan mulai bekerja. Nanti anggota pansus kami usahakan agar diisi oleh semua fraksi yang bisa menjembatani aspirasi PKL ke Pemkot Jogja maupun Pemprov DIY,” ungkapnya, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Belum Terima Direlokasi, Ibu-Ibu PKL Malioboro Datangi DPRD Kota Jogja

Danang mengakui perlunya penataan PKL di Malioboro. Sebab, kondisinya sudah tak lagi kondusif dan terlalu membludak. Hanya, kebijakan relokasi itu mestinya dilakukan dengan komprehensif. Misalnya perlu didahului sosialisasi yang menyeluruh, pendataan para PKL, penyiapan tempat yang representatif, dan sebagainya.

“Kami lihat memang prosesnya terlalu cepat dan sebenarnya kebijakan terkait Malioboro ini kan bukan hanya masalah PKL, tapi banyak pihak. Makanya kami nanti coba minta Pemkot Jogja atau Pemda DIY mempertimbangkan berbagai hal,” tutup Danang.

Ratusan pedagang kaki lima (PKL) Malioboro yang di antaranya ibu-ibu mendatangi DPRD Kota Jogja, Senin (17/1/2022). Merka menuntut penundaan relokasi PKL karena masih pandemi Covid-19.

Baca Juga: Penataan Malioboro dan Pedasnya Cabai Rasuki Sendi Perekonomian

Sebelumnya diberitakan, ratusan PKL tersebut berasal dari Persatuan PKL Yogyakarta. Ketuanya, Wawan Suhenda, mengatakan Pemprov DIY dan Pemkot Jogja sedari awal dituding tidak transparan terkait rencana relokasi PKL Malioboro. Rencana relokasi juga terkesan tergesa-gesa dan mengejar target.

Menurut Wawan, PKL tidak menolak rencana relokasi itu. Hanya, mereka meminta agar kebijakan yang berkaitan dengan PKL disampaikan dengan komprehensif dan membuka keran dialog. Sehingga semua hal yang berkaitan dengan relokasi bisa mengakomodasi kepentingan semua pihak.

“Kami tidak menolak, tapi kami minta relokasi ditunda karena masih masa pandemi. Semua sektor masih masa pemulihan, lah ini malah memindahkan PKL,” ujar Wawan.

Baca Juga: Bakal Ada yang Beda di Malioboro Per Februari Nanti

Berkaitan dengan rencana relokasi, PKL juga mendesak agar DPRD Kota Jogja segera membentuk panitia khusus (Pansus). Pansus nantinya diharapkan bisa memfasilitasi aspirasi PKL, pemerintah, dan pihak lain. Relokasi disinyalir segera dieksekusi dalam waktu dekat ini.

“Kami juga mendesak DPRD untuk membentuk Pansus dengan segera terkait dengan relokasi agar bisa mengawal kebijakan ini. Karena dari jadwal 1-7 Februari nanti infonya PKL akan dipindah ke lokasi baru,” katanya.

Sumber: Harianjogja.com

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Langgar Izin, Satpol PP Tutup Penginapan di Catur Tunggal Sleman

      Satpol PP DI Yogyakarta menutup satu penginapan di Nologaten, Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

      Sultan HB X Kembali Ditetapkan sebagai Gubernur Yogyakarta 2022-2027

      DPRD DI Yogyakarta menetapkan Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X dan Adipati Kadipaten Pakualaman Paku Alam X secara resmi ditetapkan kembali menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DI Yogyakarta periode 2022-2027.

      Aksi Pesilat PSHT Keroyok Warga di Jogja Berujung Damai!

      Aksi pengeroyokan yang melibatkan antara kelompok PSHT dengan warga di Kota Jogja berujung damai.

      Jumlah Petani Tembakau di DIY Turun Terus Setiap Tahun, Kenapa?

      Jumlah petani tembakau di DI Yogyakarta setiap tahun drastis karena berbagai faktor.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Jogja Hari Ini (9/8/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Kota Jogja, DI Yogyakarta, pada hari ini, Selasa, 9 Agustus 2022.

      Simak Prakiraan Cuaca di Jogja Selasa Ini

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Selasa 8 Agustus 2022.

      Dilarang Beroperasi, Pengusaha Skuter Listrik Ngadu ke Pemkot Jogja

      Pengusaha skuter listrik mengadu ke Pemkot Jogja terkait larangan operasional di kawasan Sumbu Filosofi.

      Jembatan Jejeran Bantul Dibongkar Total, Begini Kondisinya

      Jembatan Kali Belik atau Jembatan Jejeran yang ada di Wonokromo, Pleret, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, bakal dibongkar total dan dibangun lebih lebar.

      Alhamdulillah, Ganti Rugi Tol Jogja-Solo di Purwomartani Segera Cair

      Proses pembebasan lahan di Jalan Tol Jogja-Solo di wilayah Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, saat ini memasuki tahap musyawarah warga untuk membahas uang ganti kerugian (UGK).

      Jembatan Dibangun, Jalan Simpang Jejeran Bantul Ditutup Total 5 Bulan

      Jalan di sekitar Jembatan Jejeran, Wonokromo, Pleret, Kabupaten Bantul ditutup total selama 150 hari karena ada proyek pembangunan jembatan.

      Pegowes Meninggal Terperosok ke Jurang Bantul, Begini Kronologinya

      Seorang pegowes meninggal dunia setelah terpersok ke jurang di jalan alternatif Petir Ngoro-oro tepatnya di atas Musala Al-Husna, Umbulsari, Kalurahan Srimartani, Kapanewon Piyungan.

      Masih Siaga, Gunung Merapi Tercatat 129 Kali Gempa Guguran dalam Sehari

      Gunung Merapi yang ada di wilayah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah terpantau mengalami 129 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Minggu  (7/8/2022) pukul 00.00 WIB-24.00 WIB.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Jogja Hari Ini (8/8/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Kulon Progo dan Gunung Kidul, DI Yogyakarta, pada hari ini, Senin, 8 Agustus 2022.

      Prakiraan Cuaca Jogja Senin: Cerah Berawan & Suhu 32 Derajat Celcius

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Senin 8 Agustus 2022.

      Maling Mobil di SPBU Bandara YIA Dibekuk, Polisi Masih Buru Pelaku Lain

      Aparat Polres Kulonprogo, DI Yogyakarta, meringkus seorang pelaku pencurian mobil di parkir SPBU Jalan Raya Wates-Purworejo Km 12, Kebonrejo, Kapanewon Temon, Kulonprogo.