Tak Dibius Total, Musisi Afsel Jalani Operasi Tumor Otak Sambil Main Gitar
Musisi Afrika Selatan mejalani operasi otak sambil bermain gitar (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA - Umumnya, pasien yang menjalani operasi pada bagian otak akan dibius total oleh dokter. Namun, hal ini tidak terjadi dalam operasi yang dijalani Musa Manzini. Musisi Afrika Selatan (Afsel) ini justru sadar dan bahkan memainkan gitarnya selama tim dokter mengoperasi tumor di otaknya. Reuters melansir Minggu (23/12/2018), operasi tersebut berlangsung selama enam jam di sebuah rumah sakit di Durban, Afsel.
 
Dalam video operasi, terlihat Manzini dikelilingi tim dokter dan dia sendiri berbaring sambil memainkan gitar. 
 
Meski terlihat janggal, tapi hal ini justru membantu tim dokter untuk mengetahui bagian otak mana yang harus dijaga agar tak tersentuh dan bagian mana yang harus diperbaiki untuk mengembalikan kemampuan Manzini bermain gitar, yang sempat terpengaruh oleh tumor. Selain itu, langkah ini juga dapat membantu menurunkan risiko kerusakan saraf otak.
 
Adapun Manzini mengaku merasa aneh dan tidak nyaman.
 
"Berada di kondisi antara bius total dan bangun dan mendengar suara alat operasi di dalam otak.. sangat sulit untuk berkonsentrasi," ujarnya.
 
Risiko operasi ini sangat besar, bahkan bisa membuat sang pasien lumpuh jika tidak berjalan lancar. Untungnya, operasi berlangsung sukses dan Manzini sedang dalam masa pemulihan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom