SOLOPOS.COM - Seorang pegawai dari rumah lelang sedang memegang salah satu koleksi karya John Lennon (JIBI/Solopos/Shannon Stapleton)

Solopos.com, NEW YORK — Coretan naskah dan gambar karya pentolan The Beatles, John Lennon, pada pertengahan 1960-an akan dilelang pekan depan di New York.

Seperti dilansir Reuters pada Minggu (1/6/2014), karya John Lennon yang akan dilelang berjumlah 89 dari mulai harga $500 atau Rp5,750 juta sampai $70.000 atau Rp805 juta. Acara lelang tersebut bertepatan dengan peringatan 50 tahun penampilan pertama The Beatles di Amerika pada acara Ed Sullivan.
“Ini adalah koleksi yang paling besar dan karya asli yang berupa gambar dan naskah buatan John Lennon yang pernah dilelang,” kata ahli perbukuan dan naskah dari Sotheby London, Gabriel Heaton. “Ini adalah karya terbesar dari kategori nonmusik yang pernah diproduksi,” tambahnya.
Dana yang diharapkan dapat terkumpul berjumlah total $850.000 atau Rp9,775 miliar sampai $1.8 juta atau Rp20 miliar pada acara pelelangan yang diperkirakan diadakan pada Rabu (4/6/2014). Karya lainnya yang ditampilkan dalam lelang tersebut adalah karya sang gitaris The Beatles, Paul McCartney, yang berupa tulisan dan gambar sketsa.
“Barang-barang ini diproduksi tepat pada The Beatles di puncak karirnya, karya tersebut dibuat saat mereka akan menuju ke Amerika,” kata Heaton.
Naskah corat-coret itu merupakan biografi singkat dari Lennon sendiri serta pertemuan pertama McCartney dengan Lennon. “Ada beberapa potongan- potongan yang cukup mengungkapkan , secara tidak langsung dari kondisi pikirannya pada saat itu, yang tidak cukup lugas untuk dimengerti,” ungkap Heaton saat menceritakan tentang Lennon.
Ilustrasi yang khas dan lucu serta gambar dengan garis tegas yang dibuat oleh Lennon menggambarkan dirinya tidak hanya berbakat di dunia musik, tapi juga seniman terlatih yang dapat membuat karya seni apa pun. John Lennon adalah personel The Beatles yang pada umur 40 ditembak mati pada tahun 1980 di halaman rumahnya di New York.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya