Tak Boleh di Jalanan, Kereta Kelinci Hanya Beroperasi di Objek Wisata

Kereta kelinci seharusnya tak boleh beroperasi di jalan raya, melainkan di objek wisata yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata.

 Polres Sukoharjo melakukan sosialisasi  dalam upaya antisipasi adanya bahaya dari kereta kelinci yang tidak standar fisik dan administrasi kendaraan, Kamis (12/5/2022). (Istimewa-Polres Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Polres Sukoharjo melakukan sosialisasi dalam upaya antisipasi adanya bahaya dari kereta kelinci yang tidak standar fisik dan administrasi kendaraan, Kamis (12/5/2022). (Istimewa-Polres Sukoharjo)

Solopos.com Stories

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda ternyata kereta kelinci hanya bisa beroperasi di objek wisata yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata?

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Hal tersebut disampaikan oleh Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Abdul Mufid. Dia mengatakan kereta kelinci tidak memiliki izin operasional sehingga memang tidak boleh beroperasi di jalan raya. Dia menegaskan tidak ada izin operasional untuk kendaraan modifikasi, seperti halnya kereta kelinci.

Mufid pun mengakui seharusnya kendaraan modifikasi tersebut hanya beroperasi di area tempat wisata yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata.

“Kalau di tempat wisata, biasanya tiket masuk sudah termasuk asuransi jika terjadi kecelakaan di lokasi wisata tersebut,” jelas dia, sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya.

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Sukoharjo, Iptu Sri Wuri, mengatakan kereta kelinci dianggap tidak layak jalan mengingat tidak adanya penutup samping, dan tidak ada uji kelayakan jalan serta tidak memenuhi uji tipe. Tak hanya itu, kereta kelinci juga tidak memiliki TNKB, STNK, SIM, trayek, tanda lulus uji maupun cara penggandengan kendaraan.

Baca Juga:  CFD Solo Dibuka Lagi Besok Minggu, Ini Lokasi Parkir Kendaraan Bermotor

“Kereta kelinci yang beroperasi di jalan raya berbahaya karena tidak ada jaminan keselamatan bagi penumpang dan pengguna jalan laind an tidak ada jaminan jasa raharja apabila terjadi kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Dari skripsi yang diterbitkan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) yang berjudul Penegakan Hukum Pengaturan Kereta Kelinci di Kabupaten Bantul, berdasarkan Pasal 47 ayat 2 UU 22/2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, kendaraan bermotor dibagi menjadi empat jenis, yakni Sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang, mobil bus, dan kendaraan khusus.

Baca Juga:  Tanggal 13 Hari Jumat Sarat Cerita Mitos, Ini Menurut Ajaran Islam

Kereta kelinci sendiri tidak termasuk dalam ke lima jenis kendaraan tersebut. Berdasarkan Pasal 285 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan roda 4 atau lebih (kereta kelinci) yang tidak memenuhi persyaratan teknis (Pasal 106 ayat 3 jo Pasal 48 ayat 2) akan dikenakan pidana kurungan maksimal 2 bulan atau denda Rp500.000.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, masyarakat baru saja digegerkan dengan kecelakaan kereta kelinci di Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022). Kecelakaan tunggal itu menyebabkan dua orang meninggal dunia, yang merupakan ibu dan anaknya.

Baca Juga:  Benarkah Nonton Film di Bioskop Haram? Ini Hukumnya Menurut NU

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

+ PLUS Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

Di banyak negara berkembang di Asia dan Afrika, bahkan negara maju seperti di Jepang, becak masih menjadi sarana transportasi. Restorasi Meiji menjadi momentum sejarah lahirnya becak sebagai sarana transportasi di Jepang.

Berita Terkini

Penyebab Brebet Pada Motor Ternyata Beragam, Catat Ya

Penyebab brebet pada motor ketika diajak jalan kencang, bisa jadi karena apa yang kita lakukan kepada sepeda motor tersebut.

Siap-siap, Juli 2022 Toyota Akan Naikkan Harga Mobil

Direktur PT TAM menyebutkan salah satu dampak inflasi saat ini adalah kenaikan harga mobil di Indonesia.

Kenali Ciri-Ciri Kipas Radiator Mobil Lemah, Agar Mesin Tak Overheat

Salah satu komponen yang menjaga suhu mesin tetap stabil dan tidak terlalu panas, adalah kipas radiator.

Jenis Mobil Yang Boleh Memakai Solar Bersubsidi, Ini Kriterianya

Pemerintah mulai membatasi pembelian Solar bersubsidi. Untuk itu pemilik mobil harus tahu mobil yang boleh beli Solar bersubsidi.

Biar Tidak Salah Paham, Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Listrik

Apakah sama mobil hybrid dan mobil listrik? Biar paham, ini perbedaan mobil hybrid dan listrik.

Info Terbaru, Bulan Depan Hyundai Kenalkan Mobil Listrik IONIQ 6

Mobil listrik Hyundai IONIQ 5 sudah meluncur ke pasar otomotif, kini Hyunda Motor Co. segera mengungkap model IONIQ 6.

Shock Breaker Depan Motor Keras, Segera Lakukan Ini

Shock breaker depan sepeda motor mulai terasa keras, tentu ini bakal menggangu kenyamanan saat berkendara di jalan raya atau di jalan tidak rata.

Dukung Delvintor Alfarizi di MXGP, Komunitas Honda CRF150L Nobar di Klaten

Menggunakan motor sport penjelajah Honda CRF150L, para bikers dapat merasakan kesenangan dalam berkendara baik di jalan aspal maupun jalanan off road.

Honda Community Jateng Adakan Honda Bikers Adventure Camp di Klaten

Saat menuju ke lokasi, peserta Honda Bikers Adventure Camp melewati sejumlah objek wisata.

Jarak Aman Berkendara Mobil Agar Terhindar dari Kecelakaan

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi tidak mengikuti jarak aman berkendara mobil.

Volkswagen Hentikan Sementara Produksi ID Buzz, Ini Penyebabnya

Volskwagen atau VW terpaksa menghentikan produksi kendaraan listrik ID.Buzz yang dimulai awal bulan ini di Hanover, Jerman.

Perhatian! Ini Tanda Mobil Harus Turun Mesin

Perawatan kendaraan diperlukan agar mobil tetap nyaman dikendarai, jangan sampai harus turun mesin. Jadi Anda perlu mengenali tanda mobil harus turun mesin.

Dijuluki Mobil Sejuta Umat, Daihatsu Xenia Terjual 697.000 Unit

Mobil Daihatsu Xenia yang dikenal dengan sebutan Mobil Sejuta Umat ini hingga Mei 2022 telah terjual lebih dari 697.000 unit terhitung sejak peluncurannya.

Kecelakaan Cipularang, Kenapa Rem Bus Sering Blong?

Kecelakaan beruntun terjadi di ruas Tol Cipularang diduga karena bus mengalami rem blong. Kenapa rem bus sering blong?

Berapa Biaya Balik Nama Sepeda Motor 2022? Siapkan Dana Segini...

Membeli sepeda motor bekas dari orang lain memang perlu dibalik nama. Namun berapa kira-kira biaya balik nama motor 2022?

Rekomendasi Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta Terbaik untuk Keluarga

Jika pandai memilih, ada banyak pilihan yang tersedia dan berikut rekomendasi mobil bekas di bawah Rp100 juta.