Tak Ada Tilang di Operasi Patuh Candi 2021 Klaten Tapi...

Pola operasi yang awalnya 80 persen preemtif/preventif dan 20 persen penegakan hukum diubah menjadi 100 persen tindakan simpatik.

 Aparat keamanan menggelar apel Operasi Patuh Candi 2021 di Mapolres Klaten, Senin (20/9/2021). (Istimewa/Dokumentasi Polres Klaten)

SOLOPOS.COM - Aparat keamanan menggelar apel Operasi Patuh Candi 2021 di Mapolres Klaten, Senin (20/9/2021). (Istimewa/Dokumentasi Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Operasi Patuh Candi 2021 mulai bergulir di Klaten Senin (20/9/2021) dan akan berlangsung hingga Minggu (3/10/2021). Sepanjang operasi tersebut, polisi memprioritaskan edukasi ke pengguna jalan tentang menaati peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan (prokes).

Pada Senin pagi, sejumlah aparat keamanan telah mengikuti apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2021 di kompleks Mapolres Klaten. Apel dipimpin langsung Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo.

Apel di antaranya diikuti anggota Polres Klaten, anggota Kodim Klaten, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten.

Baca juga: Kisah Heroik Petugas Palang Pintu Rel KA Selamatkan Orang Hendak Bunuh Diri di Klaten

Dalam amanatnya, Kapolres Klaten menyampaikan pesan Kapolda Jateng, yakni pola operasi yang awalnya 80 persen preemtif/preventif dan 20 persen penegakan hukum diubah menjadi 100 persen tindakan simpatik.

“Pemerintah kembali memberikan kelonggaran untuk masyarakat [untuk bepergian]. Syaratnya, harus sudah vaksinasi guna mencegah persebaran virus corona. Kami akan memedomani prokes,” kata Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, di sela-sela apel Operasi Patuh Candi 2021.

Dilakukan Secara Simpatik

Hal senada dijelaskan Kasatlantas Polres Klaten, AKP Abipraya Guntur Sulastiasto. Menurut dia, sebanyak 300 anggota polisi akan dikerahkan guna mendukung Operasi Patuh Candi 2021 di Kabupaten Bersinar.

“Jadi, Operasi Patuh Candi 2021 tidak ada penindakan [penilangan]. Sepanjang operasi ini bersifat mengedukasi tentang kepatuhan berlalu lintas dan prokes selama masa pandemi Covid-19. Operasi kali ini dilakukan secara simpatik,” katanya.

Baca juga: Pemuda Klaten Ditemukan Gantung Diri di Pohon Rambutan

Sebelumnya, Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan di Klaten masih terdapat penambahan tiga kasus Covid-19 dan dua penambahan kasus kematian karena virus corona pada Minggu (19/9/2021).

Di hari yang sama, juga terdapat 10 pasien Covid-19 di Klaten yang dinyatakan sudah sembuh oleh tim medis.

“Jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 34.586 kasus. Sebanyak 86 orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.602 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.898 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.

Baca juga: Alhamdulilah, 4 Kecamatan di Klaten Ini Sudah Zero Covid-19


Berita Terkait

Berita Terkini

Transaksi Pasar Tradisional di SGS 2021 Tinggi, Panitia Beri Apresiasi

Panitia SGS 2021 menyebut transaksi di pasar tradisional Solo cukup besar sehingga panitia akan menyiapkan apresiasi khusus.

Diduga ada Pungli dalam PTSL di Desa Kecik Sragen, Kades Membantah

Program PTSL di Desa Kecik, Kecamatan Tanon, Sragen bermasalah. Warga menduga ada pungli oleh perangkat desa, sementara Kades membantah.

Solar Dibatasi, Antrean Panjang di SPBU di Wonogiri Tak Terelakkan

SPBU membatasi distribusi bio solar kepada konsumen sehingga menimbulkan antrean panjang di spbu.

Terekam Kamera CCTV, 4 Pria Bobol Kotak Infak Masjid di Daleman Klaten

Aksi pembobolan kotak infak tersebut terekam kamera CCTV yang terpasang di sejumlah lokasi masjid setempat.

Absen Ujian, 4 Pelamar PPPK Nakes Karanganyar Dipastikan Gagal

Empat peserta seleksi PPPK nakes Pemkab Karanganyar tak ikuti ujian tanpa keterangan sehingga dipastikan gugur.

Bruk...Puluhan Pohon di Sukoharjo Tumbang Diterjang Angin Kencang

Saking derasnya, hujan disertai angin kencang mengakibatkan puluhan pohon besar tumbang dan melintang di jalan perdesaan di Sukoharjo.

Resepsi Pernikahan di Solo Sudah Boleh Tampilkan Penyanyi Lur

Acara resepsi tidak boleh digelar di rumah tinggal, pendapa/joglo kelurahan/kecamatan, aula sekolah, gelanggang olahraga dan gedung sejenis lainnya.

Daarul Qur'an Bangun Asrama, Bupati Juliyatmono Letakkan Batu Pertama

Ponpes Daarul Qur'an di Colomadu, Karanganyar, membangun masjid dan asrama santri. Bupati Juliyatmono berjanji akan mendukung Ponpes Daarul Quran

Awas! Ada 11 Lokasi Rawan Lakalantas di Jl. Solo-Jogja Klaten

Kawasan Besole, Kecamatan Ceper, menjadi salah satu lokasi Jalan Solo-Jogja yang rawan kecelakaan lalu lintas.

Karanganyar Hari Ini: 22 Oktober 2011, 46 Imigran Terdampar di Berjo

Sepuluh tahun lalu, tepatnya pada 22 Oktober 2011, sebanyak 46 orang imigran asal Afghanistan dan Iran terdampar di rumah salah seorang warga di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Gapoktan Sebut Keterlibatan DPRD dalam Maraknya Penggunaan Sumur Sibel

Sebagian besar pembuatan sumur submersibel di Jaten, Karanganyar, dibiayai APBD melalui aspirasi DPRD Karanganyar.

Ini Jalan Kabupaten Klaten yang akan Membelah Rest Area Tol Solo-Jogja

Keberadaan rest area jalan tol Solo-Jogja di Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, akan terbelah dengan jalan kabupaten.

Penggunaan Sumur Sibel Tak Terkendali, Dispertan PP: Tak Ada Larangan

Dispertan PP Karanganyar menyebut tidak ada regulasi yang mengatur pengunaan sumur submersibel atau sibel di kalangan petani.

Penggunaan Sumur Sibel oleh Petani Jaten Tak Terkendali, Ini Bahayanya

Jumlah petani di Jaten, Karanganyar, yang menggunakan air sumur submersibel (sibel) dinilai terlalu banyak sehingga mengancam ketersediaan air tanah.

Operasi Pangan Murah dan Gratis Digelar di Masjid Al Falah Sragen

Operasi Pangan Murah dan Gratis ini digelar di Masjid Raya Al Falah Sragen untuk meringankan beban masyarakat setelah dihantam pandemi Covid-19 selama lebih dari satu tahun.