SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pelajar (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Ketiadaan SMA negeri di wilayah Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, menjadi masalah tersendiri, terutama sejak pemberlakuan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) mulai 2017 lalu.

Para lulusan SMP di wilayah itu yang ingin melanjutkan ke SMA negeri harus mendaftar sekolah di kecamatan lain yang mencantumkan Pasar Kliwon dalam zonasinya. Berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah No.429/14809, ada empat SMA negeri di Solo yang zonasinya mencakup wilayah Pasar Kliwon.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keempatnya yakni SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, dan SMAN 8. Tentunya pada calon siswa dari Pasar Kliwon harus bersaing dengan calon siswa lain yang lokasi rumahnya lebih dekat dengan sekolah-sekolah tersebut.

Apalagi zonasi sekolah-sekolah itu juga mencakup beberapa kecamatan di kabupaten tetangga. Pilihan lain bagi calon siswa SMA asal Pasar Kliwon, Solo, adalah ke SMA negeri di kabupaten tetangga yang terdekat.

Atau bisa juga mereka mendaftar ke sekolah swasta. Berdasarkan data sekolah di laman sekolah.data.kemdikbud.go.id, ada tiga sekolah swasta di Pasar Kliwon, Solo. Ketiga sekolah itu yakni:

Baca Juga: Tak Ada SMA Negeri, Calon Siswa Dari Pasar Kliwon Solo Daftar Ke Mana?

1. SMA Islam 1 Solo

Sekolah yang beralamat di Jl Brigjen Sudiarto No 151 Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, tercatat sudah terakreditasi A. SMA swasta ini memiliki 20 guru, sembilan rombongan belajar. Selain ruang kelas, fasilitasnya ada empat laboratorium, satu perpustakaan, dan akses Internet.

2. SMA MTA Solo

Sekolah ini beralamat di Jl Kyai Mojo Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, sudah terakreditasi A, memiliki 61 orang guru dan 33 rombongan belajar. Fasilitasnya antara lain 36 ruang kelas, empat laboratorium, dua perpustakaan, akses Internet.

3. SMA Islam Diponegoro

SMA yang beralamat di Jl Serayu VIII No 2 Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, ini juga sudat terakreditasi A, dengan jumlah guru sebanyak 14 orang dan enam rombongan belajar. Fasilitasnya antara lain enam ruang kelas, dua laboratorium, satu perpustakaan, dan akses Internet.

Baca Juga: Lengkap! Ini Daftar Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya