SOLOPOS.COM - Seseorang salat di Masjid Istiqlal, di tengah imbauan physical distancing, 24 April 2020. (Reuters/Willy Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA — Pengurus Masjid Istiqlal memastikan tak akan ada Salat Idulfitri di masjid tersebut pada Lebaran 2020 ini. Keputusan itu mengikuti imbauan dari pemerintah agar tidak melaksanakan Salat Id di masjid maupun lapangan.

Untuk itu, pengurus Masjid Istiqlal tak mengadakan Salat Id saat seperti tahun sebelumnya. "Iya tahun ini masjid Istiqlal tidak mengadakan Salat Id," ucap Kabag Protokol Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, seperti dikutip Detik.com, Rabu (20/5/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Round-Up Corona Boyolali: Pasien Positif Bertambah, Ada Jenazah Covid-19 Dimakamkan Biasa

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, Masjid Istiqlal pun tidak akan mengadakan takbiran secara langsung. "Untuk takbiran dilakukan secara virtual," kata Abu.

Bukan hanya Masjid Istiqlal, pemerintah memang mengimbau agar masyarakat tidak melakukan salat Idulfitri di masjid atau lapangan. Larangan itu diatur dalam peraturan PSBB.

Sebelum Dikirim Ke Lab, Spesimen Swab Pasien Covid-19 Soloraya Wajib Didaftarkan di Aplikasi Ini

"Pertama di tengah masyarakat ini sekarang timbul diskusi, apakah salat Id boleh dilakukan di masjid atau lapangan seperti yang sudah-sudah sebelum adanya COVID, maka tadi kesimpulannya bahwa kegiatan keagamaan sifatnya masif, seperti salat berjamaah, atau salat Id di lapangan termasuk kegiatan yang dilarang oleh Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang PSBB," kata Menkopolhukam Mahfud MD, Selasa (19/5/2020).

Update Data Pasien Corona Kota Solo: Positif Tetap 29, Sembuh Jadi 21 Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya