SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di Jalan Solo-Jogja, Sabtu (15/8/2020) siang, ramai lancar. (Solopos.com-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Jajaran Polres Klaten tak akan menggelar penyekatan di Jalan Solo-Jogja wilayah Klaten selama liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Meski demikian, aparat keamanan akan melakukan random sampling tes swab antigen dengan sasaran para pengendara kendaraan yang akan pulang kampung selama momentum Nataru.

Demikian penjelasan Kasatlantas AKP Muhammad Fadhlan, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, kepada Solopos.com, Sabtu (11/12/2021). Dia mengungkapkan sepanjang momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, aparat keamanan akan fokus melaksanakan kegiatan preemtif dan preventif terkait persebaran kasus Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di antaranya polisi bakal terus mengedukasi ke seluruh elemen masyarakat agar tetap disiplin menati protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Baca juga: Penyuluh KUA Rela Rogoh Kocek Pribadi demi Bekali Pengamen Ilmu Agama

“Kami tak akan melakukan penyekatan selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Tapi, kami akan menyiapkan random sampling tes swab antigen. Di samping itu juga menyiapkan gerai vaksinasi Covid-19. Yang harus diketahui masyarakat saat ini adalah pandemi Covid-19 masih berlangsung. Lebih baik tetap stay at home terlebih dahulu,” kata Fadhlan.

Dia mengatakan random sampling tes swab antigen bakal dilakukan di tiga pospam. Masing-masing berada di Pospam Prambanan, Pospam Alun-alun Klaten, dan Pospam Delanggu. Di samping ketiga pospam itu, pemantauan mobilitas warga di tengah pandemi Covid-19 juga digelar di Stasiun Klaten, Terminal Klaten, objek wisata, dan lainnya.

“Untuk dosis vaksinasi yang kami siapkan masih kami bahas dengan Dokkes Polres Klaten dan Dinkes Klaten,” katanya.

Baca juga: Pemkab Klaten Pertimbangkan Tutup Alun-Alun saat Malam Tahun Baru

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari Satgas PP Covid-19 Klaten, kondisi Covid-19 di Kabupaten Bersinar telah melandai dalam beberapa waktu terakhir. Saat sekarang, kasus Covid-19 masih ditemukan di Kecamatan Juwiring (satu kasus) dan Kecamatan Tulung (satu kasus). Selebihnya, puluhan kecamatan di Klaten dinyatakan telah bebas dari Covid-19. Seperti diketahui, di Kabupaten Klaten terdapat 26 kecamatan.

“Hari ini [Jumat (10/11/2021)] di Klaten tidak ada penambahan kasus Covid-19. Begitu pula, tak ada pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh,” kata Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, Jumat (10/12/2021).

Cahyono Widodo mengatakan jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten telah menembus angka 34.832 kasus hingga Jumat kemarin. “Dari jumlah kasus kumulatif tersebut, sebanyak dua orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.907 orang dinyatakan telah sembuh. Sebanyak 2.923 orang telah meninggal dunia,” katanya.

Baca juga:  Rusak Motor saat Tawuran, 9 Anggota Geng Broken Brain Klaten Ditangkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya