Tak Ada Ornamen Anjing di Perayaan Imlek di Malaysia, Ini Alasannya...

Tak Ada Ornamen Anjing di Perayaan Imlek di Malaysia, Ini Alasannya...

SOLOPOS.COM - Pembeli memilih pernak-pernik khas tahun baru Imlek yang dijual di salah satu toko kawasan Pecinan Kota Semarang, Jateng, Kamis (8/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Tidak ada ornamen anjing di perayaan Imlek di Malaysia.

Solopos.com, SOLO – Perayaan Tahun Baru China atau Imlek dirayakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di berbagai penjuru dunia, tak terkecuali di Malaysia. Berbeda dari perayaan kebanyakan yang memasang berbagai ornamen Anjing, di Malaysia justru sepakat tidak memasang ornamen tersebut.

Dilansir dari laman Liputan6 dari Nikkei.com, Senin (12/2/2018), tidak ada larangan merayakan Tahun Baru Imlek di Malaysia, yang jatuh di awal tahun anjing pada penanggalan China.

Namun, mengingat kehawatiran menyinggung umat Muslim yang menjadi warga mayoritas di Negeri Jiran, penempatan ornamen bertema hewan anjing disepakati untuk ditiadakan.

Sejatinya pemerintah Malaysia tidak pernah mengatakan secara langsung larangan untuk menempatkan ornamen hewan anjing --dan juga babi-- di ranah komersial. Namun, banyaknya aturan dan kebijakan pemerintah yang terinspirasi oleh hukum Islam, membuat asosiasi pengelola retail memilih “bermain aman” dalam perayaan Tahun Baru Imlek nanti.

Sebagaimana diketahui, anjing dan babi merupakan dua hewan yang dianggap najis oleh umat Muslim. Keberadaan kedua hewan itu sebenarnya tidak dipermasalahkan, kecuali interaksinya dengan warga Muslim.

Untuk mengakalinya, banyak pengelola retail mengganti representasi hewan anjing dengan karakter dalam aksara China. Subtitusi tersebut dicetak di atas beberapa produk garmen, alat tulis, dan cinderamata.

Selain melalui aksara China, semarak Tahun Baru Imlek juga dimeriahkan oleh ornamen aneka bunga musim semi, dekorasi bertema Tionghoa, dan nuansa merah menyala di banyak kawasan komersial di Malaysia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Atta-Aurel Ikut Yoga Kamasutra, Ini Efeknya untuk Kesuburan Pasutri

Yoga kamasutra juga bisa mempererat hubungan suami istri.

Serangan Udara Israel Berlanjut di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel terus menggempur berbagai lokasi di Jalur Gaza, Palestina, pada Kamis (13/5/2021).

Mitos Kekinian

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Solopos Institute.

Harga Tiket Tidak Naik Saat Lebaran, Jumlah Penumpang Perahu Tradisional Rawa Jombor Membludak

Jumlah penumpang wisata perahu hias di Rawa Jombor Klaten mulai membludak saat memasuki Lebaran 2021, Kamis (13/5/2021) sore WIB.

KorbanTewas Akibat Serangan Israel di Gaza Meningkat Jadi 83

Korban tewas akibat serangan Israel secara total menjadi 83 orang.

Khutbah Salat Id di Wonogiri: Perkuat Jiwa Sosial dan Rasa Persaudaraan

Semua orang harus memperkuat jiwa sosial dan rasa persaudaraan  dalam situasi serba sulit akibat dampak wabah Covid-19 ini. Manusia harus sabar menghadapi ujian Tuhan ini. Demikian pesan khatib Salat Idulfitri di Masjid Agung At Taqwa Wonogiri, Subadi, Kamis (13/5/2021).

Petugas Kebersihan Bekerja Bergilir Saat Lebaran

Para petugas kebersihan terlebih dahulu menunaikan Salat Idulfitri di rumah. Seusai salat, mereka harus kembali bekerja secara bergilir.

Terungkap! Ini yang Dilakukan Wabup Wonogiri Saat Libur Lebaran

Wakil Bupati atau Wabup Wonogiri, Setyo Sukarno, memiliki sejumlah kegiatan untuk mengisi waktu luang selama libur Lebaran, Kamis (13/5/2021) ini.

Penjual Bunga Tabur di Sonolayu Boyolali Sepi Pembeli

para penjual bunga tabur ini berharap pandemi Covid-19 bisa segera berlalu.

Masyarakat Harus Tetap Taat Lalu Lintas dan Protokol Kesehatan

Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond melalui Kasatlantas AKP Yuli Anggraeni meminta masyarakat selalu menggunakan helm bagi pengendara sepeda motor dan sabuk pengaman bagi pengemudi dan penumpang mobil.

Idulfitri, Narapidana Rutan Solo Sungkem Lewat Daring

Pandemi virus corona yang belum berakhir, membuat para WBP Rutan Solo tak bisa bertatap muka langsung dalam besukan keluarga dalam Hari Raya Idulfitri.

Antisipasi Kemacetan Tawangmangu, Satlantas Siapkan Buka Tutup Jalan

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar merencanakan strategi buka tutup jalan untuk jalur menuju objek wisata di Tawangmangu di momen libur Lebaran 2021.