SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–FIA akhirnya merilis kalender balapan Formula 1 tahun depan. Sesuai prediksi, tak ada jadwal untuk GP Turki di antara 20 seri yang direncanakan.

Turki pertama kali menggelar GP pada 2005 setelah mengikat kontrak dengan F1 selama tujuh tahun berikutnya. Artinya, kontrak Turki bakal habis di akhir tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selama rentang waktu itu, biaya pembangunan Sirkuit Istanbul Park dan ongkos penyelenggaraan GP Turki sebagian masih didanai Pemerintah.

Ekspedisi Mudik 2024

Masalah timbul karena jumlah penonton GP Turki terus menurun setiap tahun. Kalau pada balapan perdana penonton yang hadir ada 200.000 orang, tahun lalu jumlahnya sudah menurun drastis hingga angka 35.000 orang saja.

Beban yang ditanggung Pemerintah Turki kian besar karena untuk perpanjangan kontrak penyelenggaraan, F1 yang diputar oleh Bernie Ecclestone meminta fee sebesar 26 juta dolar. Karena tak kunjung tercapai kesepakatan, GP Turki pun akhirnya benar-benar hilang dari kalender F1.

Pada tahun depan, Bahrain tak akan lagi menjadi seri pembuka. Balapan di negara Timur Tengah itu akan digelar pada bulan April. Pembukaan pun akan digelar di Australia pada 18 Maret.

Kalender Formula 1 2012
18 Maret: GP Australia
25 Maret: GP Malaysia
15 April: GP China
22 April: GP Bahrain
13 Mei: GP Spanyol
27 Mei: GP Monako
10 Juni : GP Kanada
24 Juni: GP Eropa
8 Juli: GP Inggris
22 Juli: GP Jerman
29 Juli: GP Hongaria
2 September: GP Belgia
9 September: GP Italia
23 September: GP Singapura
7 Oktober: GP Jepang
14 Oktober: GP Korea
28 Oktober: GP India
4 November: GP Abu Dhabi
18 November: GP Amerika Serikat
25 November: GP Brasil
(dts)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya