SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Perbaikan Jalan JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memastikan kesiapan ruas jalan yang akan digunakan sebagai jalur alternatif pada arus mudik-balik Lebaran 2014.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, bahwa kondisi ruas-ruas jalan masih baik dan siap dilalui kendaraan arus mudik dan balik Lebaran,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Suwito, baru-baru ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, hasil koordinasi dengan Dinas PU Bantul tersebut juga menyimpulkan bahwa sejumlah jalur alternatif di daerah setempat tidak ada yang rusak, sehingga tidak perlu dilakukan pembenahan menjelang Lebaran tahun ini.

Ia menyebutkan beberapa ruas jalan yang akan menjadi jalur alternatif saat mudik di antaranya jalan Wates di Sedayu, jalur dari Pandak menuju Pajangan serta jalan Srandakan.

Suwito mengatakan, meski sejumlah jalur tersebut dalam kondisi baik, namun diakui ada sejumlah ruas jalan yang belum dilengkapi garis marka jalan atau garis timbul warna putih di tengah badan jalan.

“Memang ada sejumlah ruas jalan yang belum dilengkapi garis marka, mungkin karena belum lama pengaspalan, namun secepatnya akan kami ambil tindakan,” katanya.

Beberapa contoh ruas jalan yang belum dilengkapi garis marka itu di antaranya wilayah Pandak ke Pajangan dan wilayah Pajangan ke Srandakan, dengan total panjang mencapai sekitar tiga kilometer.

Sementara itu, kata dia, sebagai persiapan menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2014, pihaknya sudah melakukan berbagai pembenahan dan pemasangan rambu-rambu peringatan dan lampu penerangan jalan serta penunjuk jalan.

“Selain memasang baru, kami juga melakukan pembenahan rambu-rambu di sejumlah titik, misalnya di sepanjang jalan Pantai Parangtritis, saat ini sudah aman dan terang bila dilalui pada malam hari,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya