SOLOPOS.COM - Evakuasi terhadap dua ABK kapal tongkang pengangkut batu bara di sekitar 7-8 mil Pantai Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, oleh Basarnas setelah ditemukan dua pekerja asal Sulawesi Selatan meninggal dunia, Senin (15/11/2021). ANTARA/HO-Basarnas Pos Meulaboh

Solopos.com, MEULABOH — Penyidik dari Satuan Polisi Air Udara (Polairud) Polres Aceh Barat melakukan penyelidikan terkait tewasnya dua anak buah kapal (ABK) pengangkut material batu bara di perairan Meulaboh pada Senin (15/11/2021) lalu.

Kedua ABK itu meninggal saat masuk ke lambung kapal yang berisi batu bara.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Kami sudah memeriksa sejumlah saksi guna dimintai keterangan terkait kasus ini,” kata Kasatpol Airud Polres Aceh Barat Iptu Tony Natalianto Samosir kepada Antara, Rabu (17/11/2021) malam.

Dua pekerja yang dinyatakan meninggal dunia tersebut masing-masing Darwis Sapan, 46, dan Darwin, 22, warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Iptu Tony Natalianto Samosir menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan petugas, penyebab meninggalnya dua orang anak buah kapal tongkang batu bara tersebut bukan karena menghirup gas beracun.

Baca Juga: Dua ABK Jadi Korban Gas Beracun Kapal Tongkang Batu Bara 

“Karena saat kami periksa di lokasi kejadian di atas kapal, tidak kita temukan adanya benda gas atau sejenisnya,” katanya.

Namun, kata dia, pihak kepolisian menduga meninggalnya dua ABK tersebut karena diduga mengalami sesak napas karena kehabisan oksigen saat kedua korban berada di dalam lambung kapal tongkang pengangkut material batu bara.

Meskipun demikian, kata Iptu TN Samosir, pihaknya masih terus berupaya mengungkap penyebab kejadian tersebut sehingga nantinya baru bisa diambil langkah hukum selanjutnya.

“Sejauh ini kami masih fokus di penyelidikan, masih memeriksa sejumlah saksi, khususnya saksi mata yang berada di lokasi kejadian dan melihat langsung kejadian tersebut,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya