SOLOPOS.COM - Gitaris band Roxx, DD Crow, meiankan gitar di sela-sela acara jumpa pers penyelenggaraan Solo Blues Festival 2015 di Wedangan Foto, Solo, Kamis (21/5/2015). DD Crow bakal menjadi bintang tamu dalam pergelaran musik blues tahuhan itu. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Tips pendidikan kali ini mengenai jurusan-jurusan yang cocok untuk pencinta musik.

Solopos.com, SOLO — Sekolah musik bisa menjadi pilihan bagi para pelajar yang memiliki passion di bidang tersebut. Kini, berbagai perguruan tinggi mewadahi minat pelajar yang ingin menggeluti dunia musik.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Selain itu, ada pula beberapa jurusan unik yang tersedia di beberapa kampus dunia, namun cocok bagi si pencinta musik. Berikut ini lima jurusan untuk pencinta musik sebagaimana dihimpun dari Okezone, Jumat (23/9/2016):

1. Beatles, Popular Music and Society

Dilihat dari namanya, sudah jelas bahwa Popular Music and Society fokus mempelajari grup musik legendaris, The Beatles. Jurusan ini tersedia di Liverpool Hope University, Inggris. Mahasiswa pada jurusan ini akan mempelajari dan melakukan penelitian terkait pengaruh musik The Beatles dalam pembangunan identitas sosial, penonton, dan etnis, serta industri musik secara keseluruhan.

2. Popular Music

Jurusan Popular Music tersedia di Anglia Ruskin University, Inggris. Butuh waktu selama tiga tahun untuk menjadi sarjana di jurusan ini. Mahasiswa jurusan Popular Music akan mempelajari musik populer melalui pertunjukan, teknologi musik dan produksi. Mereka juga akan mendalami sisi teoritis dari musik pop itu sendiri.

3. Popular Culture

Jurusan Popular Culture tidak spesifik di musik, namun mencakup semua sisi dunia hiburan. Mahasiswa akan mempelajari kehidupan masyarakat sehari-hari, dengan fokus kepada berbagai aspek budaya populer (TV, film, musik rock, buku-buku populer dan majalah, olahraga, liburan, festival, dan cerita rakyat). Jurusan ini tersedia di Bowling Green State University.

4. Bagpiping

Bagi yang ingin mahir memainkan alat musik unik, jurusan Bagpiping bisa menjadi pilihan. Kampus yang menyediakan jurusan ini adalah Carnegie Mellon University. Mahasiswa akan mempelajari teknik alat musik bagpipe serta dasar-dasar musik secara komprehensif.

5. Terapi Musik

Musik yang didengar bisa mempengaruhi kondisi emosi seseorang. Bila Anda tertarik mempelajari dunia psikologi sekaligus pecinta musik, jurusan ini akan jadi pilihan tepat. Terapi musik mempelajari tentang kekuatan musik yang bisa mempengaruhi psikologi seseorang. Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi salah satu kampus yang menyediakan jurusan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya