SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akhirnya tak mampu memberangkatkan belasan rombongan tim cadangan Solo Batik Carnival (SBC) memeriahkan parade Tournament of Roses di Pasadena, California, Amerika Serikat, Selasa (1/1/2013) lalu. Hal ini lantaran tak ada alokasi anggaran dalam APBD Kota Solo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Widdi Srihanto, mengatakan terpaksa membatalkan pemberangkatan tim cadangan SBC yang mengikuti parade tersebut. Dia mengaku mengalami kesulitan pendanaan untuk memberangkatkan tim SBC.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tidak ada anggaran dalam APBD. Kami juga sudah berusaha mencari sponsor CSR, tapi tetap tidak bisa. Jadi batal berangkat ke sana,” katanya.

Widdi mengatakan pemberangkatan peserta SBC sesuai rencana awal diberangkatkan dua tim. Tim SBC dibiayai langsung Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sedangkan satu tim cadangan dibiayai oleh Kota Solo. Namun hanya tim dibiayai dari Kementrian yang bisa mengikuti pelaksanaan parade Tournament of Roses di Pasadena, California, Amerika Serikat.

“Berangkat harusnya 27 Desember sampai 1 Januari lalu. Tapi batal berangkat ya sudah, tidak bisa meriahkan sana. Kami akhirnya menyerahkan kepada Yayasan SBC,” sesalnya.

Widdi menuturkan SBC menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam ajang tersebut. Dari hasil audisi, ternyata ada dua kelompok yang terpilih, yang pertama berjumlah delapan orang dan yang kedua berjumlah 12 orang. Dari hasil audisi tersebut, hanya delapan yang dibiayai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sisanya diserahkan kepada Kota Solo.

Menurut Widdi, pemberangkatan tim SBC sebagai wakil Indonesia setelah 16 tahun tidak mengirim wakil pada parade tersebut.

Widdi mengatakan terpilihnya SBC Solo karena memiliki tema wayang dan mampu menari gambyong, golek manis, kiprah dewa kumoro, remo dan beberapa tarian kreatif. Kesenian inilah yang ditampilkan dalam ajang paling bergengsi sejagat. Diakuinya, keuntungan yang diraih dalam mengikuti pawai bunga Pasadena akan membangun imej baik Indonesia, khususnya Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya