SOLOPOS.COM - Mahfud MD melambaikan tangannya saat memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). (Antara-Wahyu Putro A.)

Solopos.com, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mempertanyakan klaim pencekalan Rizieq Shihab. Mahfud menegaskan hingga kini tidak ada bukti bahwa pemerintah mencekal pentolan Front Pembela Islam (FPI) untuk kembali ke Indonesia dari Arab Saudi.

Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (12/11/2019), menyebutkan tudingan Imam Besar FPI itu tidak berdasarkan fakta. Isu pencekalan itu diembuskan oleh Rizieq Shihab melalui video di kanal Youtube Front TV.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Jadi, begini ya sampai hari ini tidak ada bukti atau indikasi bahwa pemerintah Indonesia mencekal Habib Rizieq," kata Mahfud.

Gara-Gara Isu Rizieq Shihab Dicekal, Menlu dan DPR Rapat Tertutup

Mahfud menjelaskan pemerintah tidak mungkin melakukan pencekalan terhadap Rizieq selama hampir 1,5 tahun. Karena berdasarkan aturan yang berlaku di Indonesia, pencekalan hanya bisa dilakukan selama enam bulan.

Sedangkan Rizieq meninggalkan Indonesia pada Mei 2017 dan saat ini masih berada di Arab Saudi. Karena itu, ada kemungkinan tertahannya Rizieq di Arab Saudi karena ada penyebab lain.

Mahfud menduga tidak bisa kembalinya Habib Rizieq ke Indonesia karena memiliki permasalahan dengan pemerintah Arab Saudi. "Itu harus ditanyakan ke Arab Saudi kenapa dia dicekal, kita tidak tahu," katanya.

Rizieq Shihab Ngaku Dicekal, Mahfud MD: Kok Baru Sekarang Ada Suratnya?

Mahfud pun menantang Rizieq Shihab untuk memberikan bukti bahwa pemerintah Indonesia melakukan pencekalan.

"Kalau ada bukti pemerintah Indonesia yang mencekal bilang ke saya. Nanti saya selesaikan," kata Mahfud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya