Tutup Iklan

Taj Yasin Ajak Mahasiswa Pelopori Islam Moderat

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengajak generasi muda melakukan moderasi atau pengurangan/penghindaran keekstreman Islam demi menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Moderasi Islam memang menjadi perhatian banyak pihak. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga negara lain yang penduduknya memeluk agama Islam,” kata Yasin di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (23/8/2019).

Putra ulama dan politikus mendiang K.H. Maimoen Zubair itu meyakini orang yang memahami moderasi Islam tidak akan menganggap dirinya paling benar dan tidak mudah menyalahkan orang lain yang berbeda pendapat darinya. Menurut Yasin, munculnya toleransi dan menghormati pendapat orang lain harus selalu dikedepankan karena mengajarkan bagaimana memahami Islam.

“Ketika ada permasalahan, sesuai dengan anjuran Islam, ada musyawarah,” tuturnya.

Yasin berharap generasi muda, khususnya mahasiswa muslim, dapat menjadi Islam yang moderat sehingga mampu mengukuhkan Islam sebagai agama rahmatan lilalamin (rahmat bagi alam semesta). “Saya harap mahasiswa dapat menjadi pelopor Islam yang moderat. Di tangan generasi muda saya harapkan Islam makin dikenal, bagaimana Islam di Indonesia ini adalah Islam yang rahmatan lil alamin,” katanya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga menginginkan agar generasi muda bersungguh-sungguh dalam mempelajari Islam dan memanfaatkan teknologi untuk berdakwah Islam yang moderat agar makin banyak orang yang dapat mempelajari Islam yang rahmatan lilalamin. “Belajar yang rajin, pahami Islam secara khaffah, manfaatkan betul teknologi informasi untuk berdakwah sehingga orang bisa lebih cepat mengaksesnya,” tandas Yasin.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Espos Premium

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

Beda dengan tahun lalu, saat perjalanan bisnisnya gelagepan. Seperti terkena virus corona bergejala berat. Kesulitan bernapas, seperti orang berenang mau tenggelam. Tapi tahun ini ceritanya lain.

Berita Terkini

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Perhatikan 5 Kriteria Ini Harus Ada pada Perawat Orang Lansia

Mencari perawat yang cocok dan tepat untuk orang lansia memang tidak selalu mudah.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Lirik Lagu Ungkapan Hati - Aurel Hermansyah

Berikut ini lirik lagu Ungkapan Hati dari Aurel Hermansyah, yang telah tayang pada Minggu, 21 November 2021 di Youtube.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Harta Karun Ribuan Koin Perak Kuno Ditemukan di Sungai Jerman

Tumpukan 5.600 koin perak dari Kekaisaran Romawi yang diperkirakan berusia hampir 2.000 tahun telah ditemukan di Jerman.

Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Sebanyak 93 persen paket pengadaan barang dan jasa Pemkab Sukoharjo sudah terlelang berkat aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SIRUP.

Bekuk Watford, Chelsea Tetap Puncaki Klasemen Liga Inggris

Chelsea sukses mempertahankan posisi puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris setelah mengalahkan Watford.

Hasil Liga Inggris: Liverpool Gasak Everton 4-1

Liverpool sukses melumat sang tetangga, Everton, pada pekan ke-14 Liga Premier Inggris.

Jumlah Harian Cetak Rekor, Korsel Laporkan Lima Kasus Varian Omicron

Korea Selatan (Korsel) melaporkan lima kasus pertama virus corona varian Omicron. Hal itu diungkap Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDA).

Miris, Ibu Tua Digugat Lima Anak Gegara Warisan

Wanita berusia 72 tahun itu pasrah di kursi rodanya setelah menjalani pemeriksaan atas laporan anak kandungnya dengan tuduhan penggelapan sertifikat tanah yang dianggap menjadi warisan.