Tahun Lalu Dihantam Pandemi, Begini Tren Pasar Ponsel 2021
Ilustrasi pria berjenggot bermain ponsel sambil senyum-senyum enggak jelas. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Tahun 2020 menjadi tahun yang berat untuk semua bisnis, termasuk bisnis ponsel. TrendForce memprediksikan pangsa pasar ponsel akan pulih pada 2021, tetapi tidak untuk Huawei.

Viral Adegan Stuntman Sinetron Ikatan Cinta RCTI Nyaris Diserempet Mobil

Melansir GSM Arena, Kamis (7/1/2021), menurut TrendForce, perusahaan smartphone memproduksi 1,25 miliar perangkat selama 2020 ini. Jumlah ini dinilai turun 11% dari tahun 2019.

TrendForce pun mengurutkan enam vendor terbesar di dunia berdasarkan volume produksi tahun 2020, seperti Samsung, Apple, Huawei, Xiomi, Oppo, dan Vivo. Hasilnya pangsa pasar Huawei mengalami perubahan yang paling mencolok dari tahun sebelumnya.

Diprediksikan pada tahun 2021, pasar ponsel akan berangsur-angsur pulih. Para analis memperkirakan gelombang yang kuat dari penggantian perangkat dan pertumbuhan permintaan ponsel di pasar negara berkembang.

Wanita Ini Jualan Kuku Seharga Rp670 Juta

Produksi ponsel global tahun 2021 diperkirakan naik sebesar 1,36 miliyar unit atau naik 9% dari tahun sebelumnya.

Namun sayang, Huawei diprediksikan akan mengalami penurunan produksi yang lebih signifikan sekitar 3% di tahun ini. Bahkan ponsel merek iTel, Tecno, dan Infinix diprediksikan dapat menyalip Huawei.

Hal ini karena dampak dari larangan perdagangan dari Amerika Serikat, di mana Huawei tidak dapat menjalin kerja sama dengan Google.

Aneh! Tak Ada Tanda-Tanda Hamil, Wanita Ini Melahirkan di Kamar Mandi

Menurut TrendForce, smartphone 5G masih menjadi perbincangan utama pada 2021. Terobosan ini diharapkan meningkat menjadi 37%, meskipun saat ini produksi smartphone 5G masih dibatasi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom