Tahun Ini, Rp40 Miliar Buat Vastenburg Solo
Benteng Vastenburg Solo (Dok/JIBI/SOLOPOS)
Benteng Vastenburg Solo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO—Tahun ini Pemkot Solo siap mengalokasikan anggaran Rp40 miliar lebih untuk pengembangan kawasan Benteng Vastenburg. Rencananya, banteng tersebut akan dijadikan kawasan wisata air dan hutan kota.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo ketika dijumpai wartawan di sela-sela pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan Kota (Musrenbangkot) di Solo Techno Park (STP), Sabtu (23/3/2013) mengatakan akan mengajukan anggaran di APBD Perubahan untuk akuisisi atau pengambilalihan kawasan di sekitar Benteng Vastenburg.

Sesuai estimasi, Rudy mengatakan dana yang dibutuhkan mencapai Rp40 miliar. Menurut Rudy, langkah gerak cepat ditempuh Pemkot dengan melakukan akuisisi kawasan di sekitar Benteng Vastenburg untuk mengambil kembali kawasan cagar budaya ke tangan negara.

"Ada enam pemilik di sana. Kami terus lakukan komunikasi agar kawasan di sana bisa kembali ke tangan negara," ujar Rudy.

Rudy menuturkan Pemkot memiliki tanggungjawab untuk mengelola kawasan cagar budaya yang kini keberadaannya sudah berpindah tangan ke perorangan. Termasuk, Rudy mengatakan Pemerintah Pusat yang siap mengambil alih Benteng Vastenburg. Komunikasi, lanjut Rudy, terus dilakukan dengan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata ihwal pengambilalihan kawasan Vastenburg.

"Jadi nanti Pusat akan ambil alih Benteng Vastenburg, tapi kami berharap pengelolaan oleh Pemkot. Sedangkan Pemkot akan akuisisi kanan kiri benteng yang kini juga sudah dimiliki perorangan," jelas Rudy.

Rudy mengaku konsep penataan di kawasan Benteng Vastenburg akan dibangun wisata air serta  hutan kota yang mampu menambah ruang publik bagi warga Kota Solo.

Ford Rotterdam

Selain itu pula untuk mengurangi gas buang emisi kendaraan. Rudy tak menampik proses pembahasan tanah bakal berjalan alot. Pembebasan tanah atau bangunan, Rudy menegaskan akan dilakukan sesuai nilai jual objek pajak (NJOP).

"Aturannya sudah jelas. Ada hitung-hitungan tersendiri. Misinya kan satu selamatkan benda cagar budaya," tegas Rudy.

Kabid Pelestarian Kawasan Cagar Budaya Dinas Tata Ruang Kota Solo, Mufti Rahardjo, mendamba Benteng Vastenburg bisa seperti Ford Rotterdam. Mufti menyebut benteng yang berada di Makassar itu sangat terawat lantaran dikelola tiga pemerintah berbeda.

”Mulai pemkot, pemprov hingga pemerintah pusat menyokong pendanaan,” ujarnya saat ditemui wartawan di car free day, Minggu (24/3).

Pihaknya mengklaim telah memiliki gambaran pengelolaan Vastenburg ke depan pasca akuisisi pemerintah. Namun pihaknya akan tetap melibatkan ahli sejarah dan cagar budaya untuk urun rembug pengelolaan situs tersebut. ”Benang merahnya, heritage untuk masa depan.”


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho