SOLOPOS.COM - IST

IST

GUNUNGKIDUL—Puluhan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Gunungkidul tahun ini memasuki masa purna tugas. Pemkab Gunungkidul tengah menggodok persiapan wacana pelaksaan pilkades secara serentak.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Dari data Pemkab Gunungkidul ada sekitar 24 hingga 27 desa tahun ini yang akan menggelar Pilkades. Hingga 2013 nanti tercatat akan ada sebanyak 90 kades purna tugas.

“Kami akan segera menggelar koordinasi dengan seluruh jajaran untuk menyiapkan formula teknis pilkades puluhan desa,” kata Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Eko Subiantoro kepada Harian Jogja di ruang kerjanya, Senin (30/1).

Eko mengakui, akhir-akhir ini muncul wacana kuat pelaksanaan pilkades serentak dalam dua gelombang sepanjang 2012. Menurut dia, wacana pilkades serentak tersebut pantas disikapi positif karena dipandang sebagai langkah yang efektif dan mampu menghemat anggaran pilkades.

Menurut Eko, kemungkinan gelombang pertama akan digelar sekitar Maret atau April mendatang bagi desa yang masa periode kadesnya berakhir Juni, Juli dan Agustus. Adapun gelombang kedua digelar untuk desa yang kadesnya habis periode jabatan bulan September sampai Desember 2012. “Tapi itu belum final baru akan kami rapatkan besok,” tambah Asekda.

Eko mengingatkan pelaksanaan pilkades harus dilakukan sekurang-kurangnya tiga bulan sebelum masa jabatan kades berakhir. Menurut dia, hal yang perlu dipertimbangkan terkait pilkades serentak adalah agar tidak sampai terbentur permasalahan hilangnya hak masyarakat karena batasan usia pemilih.(HARIAN JOGJA/Endro Guntoro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya