SOLOPOS.COM - ILUSTRAS (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul, tahun ini, akan memberangkatkan sebanyak 13 Kepala Keluarga (KK) untuk bertransmigrasi ke beberapa daerah luar pulau jawa.

Kepala Bidang Transmigrasi Dinsosnakertrans Basuki mengungkapkan, dari 13 KK yang akan bertransmigrasi, 5 KK diantaranya akan ditempatkan di Provinsi Nanggro Aceh Darussalam, 5 KK di Bangka Belitung dan 3 KK di Kalimantan Barat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka yang akan menempati tempat baru tersebut masing-masing mendapatkan lahan usaha sekitar 1,5 hektare, rumah 6×6 meter, uang saku dan uang bercocok tanam sebesar Rp4,5 juta.

Ekspedisi Mudik 2024

Fasilitas di lokasi transmigran menjadi hak milik bahkan boleh dijual setelah 20 tahun ditinggali. “Semua yang akan diberangkatkan sudah siap. Tapi pemberangkatan dipastikan setelah pemilu,” ucap Basuki, saat dihubungi Selasa (7/1/2014)

Basuki mengatakan, animo masyarakat Gunungkidul untuk bertransmigrasi sebenarnya tinggi, dari tahun ke tahun selalu bertambah. Hanya saja, sejak tiga tahun terakhir ada pengurangan kuota dari pemerintah pusat.

Tahun ini Dinsosnakertrans mengajukan 75 KK tapi yang disetujui hanya 13 KK. Sementara 2013 lalu ada 25 KK yang diberangkatkan dari 55 KK yang diajukan. “Yang belum harus menungu daftar antrian,” kata dia.

Kepala Dinsosnakertrans Dwi Warna Widinugraha menambahkan, pemberangkatan setelah proses pemilu agar tidak mengganggu hajat besar demokrasi nasional lima tahunan untuk memilih calon legislator dan presiden.

Sejauh ini, kata Dwi Warna, yang transmigrasi dari Gunungkidul dianggap berhasil. Hal itu terlihat dari banyaknya yang mengajukan transmigrasi setiap tahunnya. Selain itu banyak juga yang kehidupannya lebih sejahtera. “Sejauh ini transmigrasi cukup berhasil,” kata Dwi Warna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya