Tahun Ini, Belasan Ruas Jalan dan 9 Jembatan di Kulonprogo Diperbaiki
Foto Ilustrasi Perbaikan Jalan JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPU PKP) melakukan sejumlah program perbaikan dan pemeliharaan infrastruktur

Solopos.com, KULONPROGO-Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPU PKP) melakukan sejumlah program perbaikan dan pemeliharaan infrastruktur, pada 2017 ini.

Kepala Bidang Bina Marga DPU PKP Kulonprogo, Nurcahyo Budi Wibowo mengatakan, pada 2017 pihaknya melakukan sedikitnya tujuh proyek peningkatan jalan, 10 ruas pengerjaan pemeliharaan berkala, pembangunan satu jalan, tiga jembatan, rehabilitasi enam jembatan.

Selain itu diikuti dengan pembangunan jalan lokal primer menggunakan anggaran Rp40 miliar.

"Untuk jalan lokal primer akan kami luncurkan sekitar sehabis lebaran. Sedangkan untuk proyek lainnya, sebagian sudah ada yang lelang, masih ada yang lelang ulang karena sempat mengalami gagal lelang," kata dia, Selasa (9/5/2017).

Nurcahyo menambahkan, sejauh ini secara umum tak ada kendala berarti, terlebih kesiapan lapangan. Hanya saja, ia berharap cuaca bisa mendukung, agar target pelaksanaan pembangunan jalan, yakni Oktober 2017 tidak mengalami kemunduran.

Proyek rata-rata berjalan empat hingga enam bulan lamanya. Kendati demikian, kendala lain yang masih dijumpai pemerintah adalah persoalan pembebasan lahan. Masih ada proses pelebaran jalan tiga hingga enam meter, yang tentunya membutuhkan lahan warga.

"Namun setelah kami meminta kerelaan dari warga, akhirnya rata-rata mereka mendukung," terangnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom