SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tahun ini, ada empat jabatan kepala desa yang kosong

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mencatat hingga akhir tahun nanti ada empat posisi kepala desa yang kosong. Namun kekosongan tersebut belum akan dilakukan pemilihan karena menunggu Pemilihan Kepala Desa serentak di 2018 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Oleh karenanya, kekosongan tersebut akan diisi oleh Pejaba Sementara kepala Desa. Data dari Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Sekretariat Daerah Gunungkidul, empat posisi kades yang akan lowong meliputi Baleharjo dan Siraman, Kecamatan Wonosari, serta Kepek, Saptosari dan Ngunut, Playen.

Ekspedisi Mudik 2024

Dari jumlah itu, kekosongan tidak hanya karena masa tugas kades terpilih telah purna. Sebab untuk Siraman kekosongan karena yang bersangkutan mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

“Surat Keputusan untuk pengunduran Kades Siraman sudah diproses,” kata Kepala Sub Bagian Administrasi dan Perangkat, Bagian Administrasi Pemerintah Desa, Setda Gunungkidul Aris Pambudi, Minggu (11/9/2016).

Menurut dia, meski ada posisi kades yang lowong, namun pihaknya tidak akan langsung melakukan pengisian dengan pemilihan. Sebab, untuk sementara, kekosongan itu akan diisi oleh pejabat sementara, sambil menunggu pelaksanaan pilkades serentak di 2018 mendatang.

“Sesuai amanat undang-undang pemilihan harus dilakukan serentak. Dalam kurun waktu enam tahun [mulai 2014 hingga 2020] akan ada tiga pemilihan dan salah satunya telah dilakukan di 2015 lalu,” ungkapnya.

Pelaksanaan pilkades serentak di 2018, rencananya diikuti 29 desa. Jumlah itu terdiri dari empat desa yang kadesnya lowong di tahun ini dan 25 desa yang pemimpinnya purna di 2018. “Sudah mulai kita buat peta dan pengelompokan sesuai dengan masa periodesasi jabatan kades,” kata Aris lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya