SOLOPOS.COM - Ilustrasi pakaian adat Betawi (Foto: areamagaz.com)

Ilustrasi pakaian adat Betawi (Foto: areamagaz.com)

JAKARTA—Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mempunyai beberapa ide untuk menjadikan kebudayaan Betawi menjadi tuan rumah di Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam kunjungannya ke situs Setu Babakan Jakarta, Rabu  (21/11/2012), bersama Badan Musyawarah Betawi, Jokowi mengatakan salah satu ide untuk menjadikan budaya Betawi menjadi tuan rumah di Jakarta yakni menjadikan pakaian khas Betawi sebagai seragam PNS.

Tahun depan, sebanyak 68.000 lebih pegawai negeri sipil (PNS) diwajibkan mengenakan pakaian khas Betawi itu.

Jokowi mengatakan saat ini sedang disusun desain pakaian yang menggambarkan budaya khas Betawi. Pakaian itu akan dikenakan setiap Rabu menggantikan seragam cokelat yang biasa dikenakan sebelumnya.

Seperti diketahui, saat periode ketua Jokowi menjabat sebagai Walikota Solo, Jokowi juga mewajibkan PNS di Kota Solo termasuk pelajar di beberapa sekolah mengenakan kebaya dan beskap setiap hari Kamis.

Pada awal-awal penerapannya program ini semula mendapat pro dan kontra. Mereka yang kontra salah satunya karena keberatan dengan anggaran pengadaan pakaian serta pakaian kebaya yang dinilai ribet menganggu aktivitas. Namun seiring berjalannya waktu program ini justru mendapat apresiasi dari berbagai pihak, karena dinilai semakin menguatkan budaya Jawa di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya