SOLOPOS.COM - Ribuan warga memadati arena Car Free Night Solo yang digelar pada Malam Tahun Baru 2015 di Jl Slamet Riyadi, untuk merayakan malam pergantian tahun Rabu (31/12/2014). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Tahun baru Solo, Pemkot menggelar Car Free Night (CFN) saat pergantian tahun 2015 ke 2016.

Solopos.com, SOLO–Menjelang perayaan Malam Tahun Baru 2016, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo telah menyiapkan sejumlah strategi rekayasa lalu lintas. Salah satunya mengalihkan arus lalu lintas ketika diberlakukan malam bebas kendaraan atau car free night (CFN) di sepanjang ruas Jl. Slamet Riyadi dan Jl.Jenderal Sudirman.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Wakil Kasatlantas Polresta Solo, AKP I Made Ray, mengatakan malam perayaan Tahun Baru 2016 semua kendaraan dilarang melintasi Jl. Slamet Riyadi dan Jl. Jenderal Sudirman mulai pukul 20.00 WIB hingga dini hari. Pemberlakuan sistem tersebut, meniscayakan ada rekayasa lalu lintas agar aktivitas masyarakat tetap berjalan.

Salah satu rekayasa lalu lintas yang dilakukan memberlakukan sistem satu arah di Jl.Dr Moewardi Kota Barat. Di jalan tersebut, kendaraan hanya diperbolehkan melintas ke arah utara. Sementara, kendaraan dari arah Manahan (utara) yang akan ke selatan dialihkan ke Jl. Hasanudin, depan Hotel Agas.

“Di kawasan Kota Barat, kendaraan akan padat merayap saat malam Tahun Baru. Maka, harus diberlakukan satu arah,” paparnya saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (20/12/2015).

Menurut Made, meski Jl. Slamet Riyadi ditutup untuk acara CFN, namun persimpangan Gendengan, tetap dibuka, dengan sistem buka tutup. Sehingga, di simpang tersebut tetap terjadi aktivitas hilir mudik kendaran dari arah selatan ke utara.

“Sistem ini [membuka Simpang Gendengan] untuk mengurangi kepadatan kendaraan di Bundaran Baron dan kawasan Laweyan,” paparnya.

Made menjelaskan ada sejumlah kantong parkir yang disiapkan saat malam perayaan Tahun Baru 2015. Sejumlah kantong parkir itu antara lain, kawasan parkiran di Stasiun Purwosari, Lapangan Kota Barat, Disperindag, Alun-Alun Keraton Surakarta, kawasan Sriwedari, Benteng Vastenburg, Pengadilan Negeri (PN), serta sejumlah pelataran instansi di kawasan Jl. Slamet Riyadi.

“Petugas yang dilibatkan pengamanan melibatkan aparat TNI-Polri, Pemkot, dan linmas,” tambahnya.

Terpisah Kasi Usaha Rekreasi dan Hiburan Umum, Tuty Orbawati, mengatakan perayaan CFN akan dimeriahkan dengan empat panggung yang tersebar di sepanjang Jl. Slamet Riyadi. Panggung tersebut menyajikan sejumlah hiburan khas dari grup musik lokal Kota Solo.

“Rencananya diletakkan di depan Grand Mal, Perempatan Ngarsopuro, Perempatan Center Point, dan kawasan Gladak,” katanya dalam acara Rapat Koordinasi Pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 di Mapolresta Solo, beberapa waktu lalu.

Sejumlah kelompok musik yang akan menghibur masyarakat dalam malam pergantian tahun tersebut mulai dari keroncong, dangdut, hingga campursari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya