SOLOPOS.COM - Sampul Alquran sebagai bahan baku pembuatan terompet tahun baru. (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa)

Tahun baru 2016, Polda Jateng mengambil alih penanganan kasus terompet berbahan kertas bergambar huruf Arab.

Solopos.com, WONOGIRI–Penanganan trompet berbahan baku kertas bergambar kaligrafi huruf Arab diambilalih Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng). Pasalnya di Jawa Tengah terdapat 11 kabupaten/kota yang memiliki kesamaan penanganan. Temuan kasus itu kali pertama terjadi di Kabupaten Kendal. Hasil pengembangan di Kendal terompet yang dijual pedagang berasal dari Wonogiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penegasan itu disampaikan Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean ditemui Solopos.com di Polres Wonogiri, Sabtu (9/1/2016). “Penyidik sudah menyelesaikan pemeriksaan terhadap tujuh perajin asal Bulukerto, Kabupaten Wonogiri dan rekanan pengirim bahan baku terompet yakni CV Hana,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Kapolres menjelaskan kertas karton bertuliskan kaligrafi huruf Arab dikeluarkan dari salah satu penerbit di Semarang. “Penerbit sudah memiliki rekanan untuk memusnahkan kertas-kertas tersebut. Kenyataannya, kertas karton itu dijual lagi ke pengrajin terompet sedangkan pengrajin sendiri tidak memiliki maksud tertentu kecuali mencari uang dengan membuat terompet,” jelas Kapolres.

Kapolres mengapresiasi sikap masyarakat Wonogiri sehingga kondusifitas daerah tetap terjaga walau muncul kabar temuan bahan baku terompet bergambar kaligrafi huruf Arab. “Sikap masyarakat Wonogiri menunjukkan tingkat kedewasaan yang tidak mudah terprovokasi pihak lain.”

Terkait penyitaan bahan baku terompet itu, anggota Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) datang ke Polres Wonogiri. kedatangan LUIS yang dipimpin Ketua I DPP LUIS, Edi Lukito ditemui Kapolres beserta jajarannya. Pada audiensi itu, LUIS mengapresiasi kinerja Polres Wonogiri yang telah mengamankan bahan baku sehingga tidak semakin menyebar. LUIS juga meminta jajaran kepolisian tidak memandang remeh permasalahan yang muncul saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya