SOLOPOS.COM - Ilustrasi meniup terompet menyambut tahun baru (JIBI/Solopos/Dok.)

Tahun Baru 2015 di Kota Madiun ditandai car free night yang dianggap Pemkot dan Polresta Madiun bisa mencegah konvoi.

Madiunpos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun bekerja sama dengan Polres Kota Madiun, Jawa Timur menggelar Car Free Night (CFN) 2016 pada malam Tahun Baru 2016, Kamis (31/12/2015) malam. Pemkot dan Polresta Madiun berkilah CFN 2016 itu digelar demi mencegah konvoi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Madiun AKP I Gusti Made Merta menyatakan Car Free Night 2016 yang digelar pada malam Tahun Baru 2016 tersebut dipusatkan di Alun-Alun Kota Madiun dan sepanjang Jl. Pahlawan. CFN 2016 itu digelar dengan menutup sejumlah ruas jalan menuju lokasi.

“Kegiatan CFN nantinya terpusat di alun-alun dan sepanjang Jl. Pahlawan. Adapun, pola pengamanan yang dilakukan jajaran kepolisian, di antaranya menerapkan sistem buka dan tutup jalur di lokasi rawan macet, menempatkan petugas gabungan yang terdiri atas kepolisian, Satpol PP, POM AU/AD, dan Dishubkominfo di pos pengamanan terutama di lokasi keramaian masyarakat,” ujar AKP Merta kepada wartawan.

Menurut dia, CFN kali ini merupakan tahun kedua yang digelar Pemkot bersama Polresta Madiun Kota. Hal ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Selain itu, juga untuk menghindari balap liar, konvoi, kemacetan, dan untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Ia menjelaskan, pada acara tersebut, akan dihelat beraneka kegiatan, mulai dari hiburan seni, pesta kembang api, kuliner, pameran, hingga atraksi dari berbagai komunitas.

Jalan-Jalan Ditutup
Sejumlah jalan ditutup demi mendukung acara tersebut. Jalan-jalan yang ditutup polisi demi mewujudkan rencana Pemkot Madiun itu adalah Jl. Pahlawan mulai dari Balai Kota Madiun hingga persimpangan tugu. Ditutup pula Jl. Agus Salim, Jl. Panglima Sudirman sekitar kawasan alun-alun, hingga Jl. Alun-Alun Timur. Polisi juga menutup Jl. Kolonel Marhadi, Jl. Sulawesi, Jl. Kalimantan, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Semeru, dan Jl. Merapi.

Kegiatan tersebut diperkirakan Kantor Berita Antara akan diikuti ribuan warga. Tidak hanya dari Kota Madiun, pengunjung Car Free Night (CFN) 2016 di Kota Madiun itu juga diprediksi berdatangan dari daerah lain di sekitarnya, seperti Magetan, Ngawi, Ponorogo, dan Kabupaten Madiun. Demi menjaga keamanan dan ketertiban, aparat yang diterjunkan berasal dari gabungan TNI, Polri, dan pemerintah kota.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya