SOLOPOS.COM - Suasana perayaan malam Tahun Baru di sekitar Pasar Tawangmangu, Selasa (31/12/2013) malam. Kawasan Tawangmangu masih menjadi lokasi favorit bagi kalangan muda untuk melewatkan malam pergantian tahun. (Bony EW/JIBI/Solopos)

Tahun Baru 2015 tak memungkinkan wisatawan di Tawangmangu santai parkir di tepin jalur jalan utama. Sejumlah lokasi disiapkan khusus untuk parkir.

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan utama kawasan wisata Tawangmangu di karanganyar, Jawa Tengah harus bersih dari kendaraan yang parkir di tepi jalan pada malam pergantian tahun. Kebijakan bebas parkir pada malam Tahun Baru 2015 itu diterapkan Polres Karanganyar demi kenyamanan wisatawan yang bertandang ke wilayah tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Polres Karanganyar telah menyediakan sejumlah kantong parkir untuk mendukung program itu. Kantong parkir antara lain terrdapat di Terminal Tawangmangu, objek wisata, dan di dekat lokasi longsor. Polres Karanganyar juga menyiapkan rekayasa lalu lintas dan pengamanan jalur Tawangmangu pada malam pergantian tahun untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

Kapolres Karanganyar, AKBP Mahedi Surindra, mengatakan kendaraan bertonase tidak boleh melewati jalan utama Tawangmangu pada malam pergantian tahun. “Jalan tembus masih ditutup sehingga kendaraan hanya lewat di jalur lama. Kendaraan besar enggak boleh naik untuk mengurangi kemacetan,” ungkap dia saat ditemui wartawan di Mapolres Karanganyar, Selasa (30/12/2014).

Kendaraan bertonase besar hanya boleh masuk kawasan wisata itu hingga Terminal Tawangmangu.

Jalan Tembus
Mahedi juga menuturkan pengendara tidak boleh memarkirkan kendaraan di sepanjang jalan utama Tawangmangu. Oleh karena itu Polres Karanganyar menyediakan sejumlah kantong parkir di Terminal Tawangmangu, area parkir objek wisata, dan di dekat jalan tembus.

”Sebagian jalan tembus akan menjadi kantong parkir jika arus lalu lintas padat. Kami juga menyiapkan satu kendaraan derek di jalur utama Tawangmangu. Antisipasi ada kendaraan macet,” ujar dia.

Mahedi juga akan menempatkan lebih banyak personel di sejumlah lokasi yang menjadi pusat massa berkumpul. Mereka akan memberdayakan personel dari sejumlah polsek yang berada di luar jalur wisata. “Itu untuk memperkuat wilayah kota hingga jalur ke Tawangmangu yang rawan macet,” tutur dia.

Sementara itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berencana mengadakan car free night (CFN) pada malam pergantian tahun. Namun Polres Karanganyar mengaku masih mempertimbangkan CFN di Jl. Lawu. Mahedi menjelaskan sedang berkoordinasi dengan Pemkab Karanganyar tentang rencana itu. “Kalau memungkinkan blokade, ya kami lakukan. Saya membaca perkembangan situasi dahulu.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya