SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesta kembang api (JIBI/Antara)

Tahun Baru 2015 tinggal beberapa jam lagi. Momentum pergantian tahun ini dirayakan dengan cara-cara yang unik di berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO — Anda pasti telah menyiapkan agenda untuk menyambut Tahun Baru 2015 bukan? Tahun Baru memang suatu momentum yang ditunggu banyak orang di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Di beberapa negara, momentum pergantian tahun itu dirayakan secara berbeda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam menyambut pergantian tahun itu, warga berbagai negara mempunyai tradisi unik. Tahun Baru 2015 tinggal sebentar lagi. Warga negara di berbagai dunia termasuk Indoneasia, telah menyiapkan agenda untuk merayakan Tahun Baru 2015 ini.

Berikut ini, tradisi negara-negara di dunia dalam merayakan Tahun Baru 2015, sebagaimana dikutip dari Lipitan6, Rabu (31/1/2014).

Pesta Kembang Api dan Menonton Konser di Indonesia
Di Indonesia, orang-orang menyambut datangnya tahun baru dengan berkumpul sebelum malam pergantian tahun. Tepat pada detik pergantian tahun, orang-orang akan menyalakan kembang api sambil bersama-sama meniup terompet dengan keras. Orang-orang lalu akan menonton konser atau sekadar berkumpul bersama keluarga dalam merayakan datangnya tahun baru. Perayaan Tahun Baru 2015 di Indonesia, dipastikan akan tetap meriah dengan berbagai kembang api dan terompet.

Bola Api Viking di Skotlandia
Setiap tanggal 31 Desember, di Skotlandia, berlangsung festival tahunan Festival of Hogmanay. Peserta yang ikut festival tersebut kebanyakan laki-laki dewasa. Para laki-laki ini melakukan parade di jalan-jalan utama sambil membawa suluh. Maka banyak bola-bola api di sepanjang malam tutup tahun tersebut. Festival ini merupakan tradisi turun-temurun sejak zaman bangsa Viking masih menguasai Skandinavia. Mereka percaya bola-bola api tersebut sebagai lambang pemurnian serta pengharapan pada kembalinya matahari agar musim dingin cepat berlalu. Dalam merayakan tahun baru 2015 ini, perayaan dengan bola api Viking akan tetap dilakukan oleh orang-orang Skotlandia seperti biasanya.

Memecahkan Piring di Depan Rumah Tetangga di Denmark
Warga Denmark memiliki kebiasaan yang unik dalam merayakan datangnya tahun baru, yaitu dengan memecahkan piring di depan rumah tetangga mereka. Tradisi warga negara Denmark ini adalah tradisi rutin. Hal itu membuat tidak ada satu orang pun yang marah pada saat piring-piring tersebut dipecahkan. Tradisi yang dilakukan masyarakat Denmark ini dilakukan untuk mendapatkan keberuntungan selama satu tahun ke depan. Masyarakat Denmark percaya, yang paling banyak memecahkan berbagai piring atau gelas di pintu tetangga, adalalah orang-orang yang dipercaya paling banyak mendapat keberuntungan. Tradisi unik Denmark ini akan tetap ada di perayaan Tahun Baru 2015.

Berbicara pada Roh di Meksiko
Bagi orang Meksiko, berbicara kepada roh adalah tradisi unik yang biasa mereka lakukan untuk menyambut datangnya tahun baru. Mereka berbicara kepada roh untuk mendapatkan pesan atau petunjuk masa depan. Tradisi unik ini akhirnya dijadikan sebagai bisnis tahunan, Contohnya seperti di Tos Inn, yang menjadi penginapan di New Mexico. Penginapan ini juga menawarkan paranormal yang siap menjadi penghubung dengan dunia roh. Satu sesi selama 15 menit dihargai 15 dolar AS. Pada tahun baru 2015 ini, dipastikan tradisi berbicara pada roh tetap dilakukan di Meksiko

Daun Mistletoe Pengharap Jodoh di Irlandia
Daun mistletoe adalah daun yang sering digunakan sebagai hiasan pada perayaan Natal. Pohon ini sebenarnya tumbuhan parasit dari ordo Santalales yang terdiri dari keluarga Santalaceae, Loranthaceae, dan Misodendraceae. Namun wanita-wanita Irlandia yang ingin cepat mendapat jodoh menjadikannya sebagai daun yang dapat mendekatkan pada jodoh dan mempercayainya sebagai penghilang kesialan. Biasanya mereka menaruh beberapa helai daun mistletoe di bawah bantal sehingga ada banyak pria datang melamar mereka. Pada perayaan tahun baru 2015 ini, wanita-wanita Irlandia yang belum memiliki jodoh akan tetap menggunakan daun mistletoe untuk mencari dan mendapatkab jodohnya.

Bakar Orang-Orangan Sawah di Ekuador
Tradisi di Ekuador hampir sama dengan tradisi warga Skotlandia. Di Ekuador, warga juga merayakan tahun baru dengan api. Namun, bukan bola yang mereka bakar, tetapi orang-orangan sawah, yang biasanya terbuat dari kumpulan kertas koran dan bilah-bilah kayu.

Pembakaran dilakukan tepat pukul 00:00 waktu setempat  saat pergantian tahun, dan tradisi unik ini dilakukan di sebagian besar rumah. Mereka percaya, dengan membakar orang-orangan sawah, maka semua hal buruk selama satu tahun terakhir akan terbakar habis. Orang-orangan sawah tersebut juga dipercaya dapat menghilangkan nasib sial, sehingga tahun yang baru bisa membawa keberuntungan dan kebahagiaan. Pada perayaan tahun baru 2015 nanti, tradisi ini tidak akan berubah.

Sebagaimana dikutip Okezone dari Themotorreport, Rabu (31/12/2014) menyambut tahun baru 2015 dan merayakan ulang tahun ke-50 Mustang, Ford Australia menggelar perayaan unik. Perayaan ulang tahun Ford ini sebagai tanda masuknya brand yang memiliki lambing kuda itu ke pasar Australia pada tahun depan.

Pada perayaan baru 2015,  Mustang terbaru akan diletakkan di atas Sydney Opera House, seperti ikon suatu negara. Perayaan tahun baru ini akan semakin meriah dengan pertunjukan kembang api di Sydney Harbour.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya