Sejumlah warga memesan tiket bus malam di Terminal Tirtonadi, Banjarsari, Solo, Senin (30/12). Menurut sejumlah petugas loket, pada liburan Natal dan Tahun Baru ini penjualan tiket bus naik mencapai 20% dibandingkan hari biasa. (JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra Kumala)

Solopos.cos, SOLO -- Tiket sejumlah bus dan pesawat jurusan Jakarta pada masa libur Natal dan tahun baru mengalami kenaikan cukup signifikan. Bahkan sejumlah bus dan pesawat tertentu menolak penumpang yang hendak memesan tiket sampai 2 Januari 2014.

“Harga tiket bus ke semua jurusan pada liburan ini mengalami kenaikan semua. Untuk bus jurusan ke Jakarta rata-rata naik Rp15.000 per lembar. Bahkan untuk bus jurusan ke Bandung ada yang tiketnya naik sampai Rp25.000 per tiket,” ujar salah seorang penjual tiket di Kartasura, Sri, 46, ketika ditemui wartawan di sela-sela melayani pesanan tiket penumpang di Kartasura, Selasa (31/12/2013).

Menurut dia pada hari biasa tiket bus non AC jurusan Solo-Jakarta, dijual Rp130.000 per lembar tiket. Namun pada masa liburan seperti sekarang ini tiket tersebut dijual Rp145.000 per lembar. Sedangkan untuk bus AC jurusan Solo-Jakarta, pihaknya menjual tiket Rp170.000 per lembar tiket. Pada hari biasa tiket tersebut dijual Rp155.000 per lembar.

Sementara itu salah seorang calon penumpang bus yang akan ke Jakarta, Daryono, 40, bingung mencari tiket. Selain itu dia juga mengeluhkan tingginya harga tiket yang dijual di sejumlah agen terebut.

“Kenaikan harga tiket antara bus satu dengan yang lain memang tidak selalu sama tetapi berkisar Rp15.000 sampai Rp25.000 per tiket. Pokoknya tergantung masing-masing perusahaan,” ujar dia.

Bagi dia yang sehari-hari berjualan makanan dengan tenda di Jakarta, selisih uang kenaikan harga tiket antara harga jual pada hari biasa dan musim libur ini cukup banyak. Tetapi mau tak mau dia terpaksa harus mencari agen yang masih menyediakan tiket, sebab sudah harus bekerja lagi di Jakarta.

Kenaikan harga tiket juga terjadi pada sejumlah maskapai penerbangan rute Solo-Jakarta. Seorang karyawan salah satu agen di Kartasura mengatakan tiket penerbangan jurusan Jakarta hingga Kamis (2/1/2014) banyak yang habis.

“Pemesan tiket yang ke sini banyak yang kecele karena sudah tidak ada tiket penerbangan ke Jakarta sampai Kamis. Saya juga heran sebab kenaikan harga tiket beberapa maskapai penerbangan naik cukup tinggi sampai Rp300.000 lebih per lembar tiket,” ujar karyawan yang enggan disebut namanya tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten