SOLOPOS.COM - Ilustrasi Jalan di Tawangmangu (Indah Septiyaning W/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, KARANGANYAR — Arus lalu lintas menuju kawasan Tawangmangu bakal diberlakukan searah pada malam perayaan Tahun Baru. Langkah ini dilakukan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas dan penumpukan kendaraan bermotor di sepanjang jalur Tawangmangu.
Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suwarsi, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Martirenni Narmadiana, mengatakan volume kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua dipastikan meningkat di sepanjang jalur Tawangmangu pada malam perayaan Tahun Baru. Karena itu, pihaknya memberlakukan arus lalu lintas searah menuju kawasan Tawangmangu.
“Seperti pada perayaan Lebaran lalu, arus lalu lintas akan diberlakukan searah di jalur Tawangmangu mulai dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Somokado,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (29/12/2013).
Pihaknya telah merancang rekayasa lalu lintas termasuk pengalihan arus lalu lintas pada malam perayaan Tahun Baru. Arus lalu lintas dari Magetan-Karanganyar bakal dialihkan melewati Puskesmas Tawangmangu menuju TPR Somokado.
Para petugas bakal disebar di sejumlah titik di sepanjang jalur di Tawangmangu untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas. Mereka akan dibantu anggota Kodim 0727/Karanganyar, petugas perlindungan masyarakat (linmas) dan elemen masyarakat lainnya seperti karang taruna. “Petugas akan disebar dan stand by di sepanjang jalur Tawangmangu.
Para pengguna kendaraan bermotor diminta mewaspadai dua tanjakan di jalur Tawangmangu yang rawan terjadi kemacetan arus lalu lintas, yakni Blumbang dan Gondosuli. Mobil derek akan disiagakan di kedua tanjakan tersebut untuk mengantisipasi bila ada mobil yang mogok di jalan. “Kendaraan bermotor baik roda empat dan roda dua dilarang diparkirkan di bahu jalan sepanjang jalur Tawangmangu,” papar Kasatlantas.
Sementara itu, Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, menjelaskan terdapat tiga kantong parkir yang disiapkan di jalur Tawangmangu, yakni Terminal Tawangmangu, Balekambang, dan sekitar jalan tembus Tawangmangu-Magetan. Kantong parkir tersebut bakal menampung ribuan kendaraan bermotor milik masyarakat yang hendak menghasbiskan malam pergantian tahun baru di kawasan Tawangmangu.
Pihaknya menghimbau agar pengendara sepeda motor tak menggunakan knalpot blombongan dan membawa senjata tajam (sajam) serta minuman keras (miras). Pihaknya tak segan-segan menindak tegas masyarakat yang kedapatan membawa sajam dan miras. “Kami akan berpatroli setiap saat untuk mengantisipasi bila terjadi tindak kriminal,” pungkas Kapolsek.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya