SOLOPOS.COM - Ilustrasi Hotel Sahid Jaya Solo, salah satu hotel grup Sahid di Kota Solo. (Dok)

Solopos.com, SOLO — Pelaku bisnis hotel di Solo optimistis okupansi hotel mampu mencapai 100% pada malam tahun baru. Hal ini didorong dengan adanya berbagai macam pertunjukan di malam pergantian tahun.

Assistant Marketing Communication Manager Solo Paragon Hotel and Residences, Nicky Olivia, mengatakan reservasi dari 253 kamar hingga Sabtu (28/12/2013) sudah mencapai 99%. Dia pun optimistis seluruh kamar akan terisi pada Senin-Selasa (30-31/12/2013) meski tarif kamar menjadi Rp805.000 per malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tapi kami tetap menyisakan kamar untuk mengantisipasi tamu yang mendadak datang ke hotel. Hal tersebut kami lakukan karena tidak ingin mengecewakan tamu,” kata Nicky kepada wartawan, Sabtu (28/12/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Namun untuk tiket pertunjukan malam pergantian tahun yang menghadirkan bank lokal, Owah Band, baru mencapai 87% atau terjual 130 tiket dari target penjualan 150 tiket. Public Relations Manager Lorin Solo Hotel, Kartika Oktavia Pravitasari, menuturkan hingga kini okupansi sudah mencapai 90%. “60% pemesanan dari korporat yang mengadakan family gathering,” kata wanita yang akrab disapa Vita ini.

Vita menuturkan pihaknya optimistis bisa mencapai okupansi 100% saat malam pergantian tahun. Menurut Vita, okupansi 90% tersebut untuk reservasi 192 kamar ditambah 159 kamar dari Lorin Moderat. Dia mengatakan delapan kamar suite room milik Lorin Moderate belum bisa dijual karena hingga saat ini masih tahap finishing. Sedangkan harga menurut Vita, dijual mulai harga Rp800.000.

MICE and Public Relations Executive Novotel-Ibis Hotel Solo, Ruli Sawitri, menuturkan hingga kini okupansi telah mencapai 96% yang mayoritas keluarga yang berasal dari luar kota. Berbeda halnya yang diungkapkan Public Relations Manager Hotel Sahid Jaya Solo, Anna Marita. Menurut Anna, saat ini okupansi baru mencapai 70%. Meski begitu, pihaknya optimistis menjelang malam pergantian tahun, okupansi akan meningkat tajam.

“Biasanya banyak walk in guest yang datang pas sebelum malam pergantian tahun. Kami optimistis akan banyak tambahan, minimal 90% okupansi pasti terisi,” ujarnya.

Sedangkan untuk tarif yang dikenakan, Anna mengatakan memasang tarif Rp900.000 untuk dua hari satu malam, sudah termasuk dua tiket gala dinner dan acara MJ Night. Anna menambahkan tamu yang menginap bisa hanya memesan kamar dengan tarif Rp550.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya