SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Masa Orientasi Siswa (MOS) JIBI/Harian Jogja/Antara

Haryadi berharap agar yayasan yang menaungi sekolah bisa mengikuti peraturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harianjogja.com, JOGJA – Pemerintah Kota Joja akan memberikan sanksi tegas terhadap sekolah yang menyelenggarakan masa orientasi siswa atau pengenalan lingkungan sekolah secara berlebihan bahkan disertai tindakan perploncoan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Akan ada sanksi tegas, yaitu pengaruh terhadap ‘key performance indicator’ (KPI) untuk kepala sekolah dari sekolah yang bersangkutan,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti seperti dikutip Antara, Rabu (13/7/2016).

Secara pribadi, Haryadi mengatakan tidak anti terhadap kegiatan masa orientasi sekolah (MOS) atau yang kini disebut pengenalan lingkungan sekolah (PLS) khususnya kegiatan yang mampu memberikan kesempatan bagi siswa baru untuk berkenalan dengan kakak kelasnya.

“Yang tidak diperbolehkan itu adalah kegiatan berunsur superioritas dari kakak kelas ke adik-adik kelasnya yang baru. Kegiatan itu justru hanya akan menyebabkan dendam,” katanya.

Sedangkan untuk sekolah swasta, Haryadi berharap agar yayasan yang menaungi sekolah bisa mengikuti peraturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait pelaksanaan masa orientasi siswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana mengatakan, akan mengumpulkan seluruh sekolah terkait rencana kegiatan yang akan dilakukan pada masa pengenalan lingkungan sekolah.

Edy menyebut, sesuai peraturan dari kementerian, maka seluruh kegiatan pengenalan lingkungan sekolah akan ditangani langsung oleh guru dan tidak melibatkan murid senior guna mengantisipasi perundungan.

“Pada awal masuk sekolah, diharapkan orang tua siswa baru bisa mengantar dan kemudian menyerahkan anaknya ke sekolah atau wali kelas. Antara guru dan orang tua siswa diharapkan terjalin komunikasi mengenai kondisi siswa, di antaranya hobi atau kebiasaan-kebiasaan lainnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya