SOLOPOS.COM - Alun-alun Ngawi. (Instagram/@visit_ngawi)

Solopos.com, NGAWI — Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, ternyata memiliki alun-alun terbesar se-Jawa Timur.

Selain memiliki kawasan yang luas, Alun-Alun Ngawi juga memiliki sejumlah fasilitas yang layak dikunjungi. Bahkan, bisa menjadi rujukan destinasi wisata saat berkunjung ke Kabupaten Ngawi. Anda bisa datang ke Alun-Alun Ngawi untuk sekadar melepaskan penat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Alun-Alun Ngawi memiliki luas 68.310 meter persegi. Alun-Alun Ngawi menjadi Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) bagi pengujung dari luar Kabupaten Ngawi.

Fasilitas yang berada di Alun-Alun Ngawi meliputi, aneka macam permainan anak yang rekreatif dan atraktif. Tak hanya menjadi kawasan publik, Alun-Alun Ngawi juga dilengkapi panggung terbuka untuk berbagai kegiatan, seperti konser musik dan pentas seni.

Baca Juga : Harus Coba! Kuliner Bakso Kuburan Mantan Binti Kenangan di Ngawi

Eh, tenang dulu. Tidak hanya wisata edukasi dan rekreasi. Alun-Alun Ngawi juga cocok bagi kawula muda yang ingin berswafoto. Jangan khawatir, setiap lokasi di Alun-Alun Ngawi layak untuk menjadi latar belakang foto dan Instagramable.

Salah satu contoh, gapura Alun-Alun Ngawi juga terlihat ciamik pada malam hari karena dilengkapi lampu berwarna-warni.

alun alun ngawi
Seorang pria tiduran di alun-alun Ngawi. (Instagram/anny candra)

Alun-Alun Ngawi menjadi kawasan publik yang terbesar se-Jawa Timur ini didesain seperti sumbu simetris. Konsep tatanan Jawa, catur gatra menjadikan pusat pemerintahan, lembaga permasyarakatan, masjid, dan alun-alun saling berdekatan.

Baca Juga : Ini 9 Wisata Ciamik di Ngawi, Ada Pesona Alam dan Kerajinan Kayu Jati

Alun-Alun Ngawi Malam Hari

Selain itu, konsep pada gerbang alun-alun ini mengadopsi dari elemen-elemn dasar yang menjadi ikon Kabupaten Ngawi, seperti Benteng Pendem yang berpadu dengan manusia purba Pithecanthropus Erectus.

Dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi, Senin (24/1/2022), pemerintah berharap dapat memberikan fasilitas terbaik bagi masyarakat yang mengunjungi Alun-Alun Ngawi tanpa harus mengeluarkan biaya.

Dikutip dari Harian Jogja, Alun-Alun Ngawi memiliki beragam hiburan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Tempat ini ramai pengunjung pada malam hari lantaran banyak pedagang dan permainan untuk anak-anak.

Baca Juga : Kementan Genjot Pengembangan Kawasan Korporasi Padi Ngawi

Pedagang kaki lima (PKL) menjajakan beragam kuliner di kawasan Alun-Alun Ngawi, seperti tahu tepo, sate, martabak, serabi, dan masih banyak lagi. Di tempat ini pengujung juga dapat berolahraga ringan, seperti jogging dan mengendarai sepeda hias.

Tak hanya itu, Alun-Alun Ngawi juga dilengkapi taman bermain yang lengkap dengan mainan anak-anak. Pengunjung Alun-Alun Ngawi juga dapat menikamti fasilitas wifi secara cuma-cuma yang disediakan salah satu operator telekomunikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya