SOLOPOS.COM - Ilustrasi khitan atau sunat. (Instagram/ Dokter khitan)

Solopos.com, SOLO — Khitan, sunat, atau sirkumsisi adalah memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan kemaluan laki-laki. Perintah Rasulullah SAW soal sunat itu jelas, yakni wajib bagi anak laki-laki Islam.

Nah, saat anak khitan atau sunat, orang tua dianjurkan untuk membaca doa agar anak-anak diberikan keselamtan dan dijauhkan dari berbagai penyakit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menjadi perintah agama, saat melakukan khitan atau sunat sebaiknya diawali dengan memanjatkan doa. Sebagaimana tertuang di Kitab Hilyatun Nufus lil ‘Aris wal ‘Arus seperti dihimpun dari laman Nahdlatul Ulama (NU), Minggu (23/1/2022):

Baca Juga: Doa-Doa dan Amalan Saat Hamil

Ekspedisi Mudik 2024

Doa Saat Khitan atau Sunat

Allaahumma haadzihii sunnatuka wa sunnatu nabiyyika, shalawaatuka ‘alayhi wa aalihii, wat tibaa‘un minnaa li nabiyyika, bi masyii’atika, wa iraadatika, wa qadhaa’ika li amrin aradtaha, wa qadhaa’in hatamtahuu, wa amrin anfadztahuu, wa adzaqtahuu harral hadiidi fii khitaanihii wa hijaamihii bi amrin anta a’rafu bihii minnii

Artinya:

Ya Allah, ini adalah sunah-Mu dan sunah nabi-Mu. Semoga rahmat tercurah padanya dan keluarganya. Dan kami mengikuti nabi-Mu dengan kehendak-Mu dan qadha-Mu. Karena suatu hal yang Engkau inginkan. Karena suatu hal ketentuan yang Engkau tetapkan. Karena suatu perkara yang Engkau laksanakan, dan Engkau merasakan padanya panasnya besi dalam khitan dan bekamnya karena suatu perkara yang Engkau lebih tahu dari aku.

Selain doa di atas, terdapat doa lain yang dapat dilafalkan saat sang anak tengah khitan atau sunat sebagai berikut:

Allaahumma fa thahhirhu minadz dzunuub, wa zid fi umrihii, wadfa‘il aafaati ‘an badanihii wal awjaa’i ‘an jismihii, wa zidhu minal ghinaa, wadfa‘ ‘anhul faqra, fa innaka ta‘lamu wa laa na‘lamu.

Artinya:

Ya Allah, maka sucikanlah dia dari dosa-dosa. Tambahlah umurnya. Jagalah tubuhnya dari penyakit. Dan tambahlah kekayaan padanya dan jauhkan dari kefakiran. Maka sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui sementara kami tidak mengetahui.

Baca Juga: Doa Agar Diberikan Keteguhan dan Dikuatkan Iman

Demikian doa yang dapat dibaca orang tua saat sang anak tengah khitan atau sunat agar diberikan keselamatan dan keberkahan. Alat kelamin yang sudah dikhitan akan bersih dan diharapkan terhindar dari berbagai penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya