SOLOPOS.COM - Seorang perempuan berjalan menjauhi ATM pertama di dunia setelah melakukan transaksi (JIBI/Solopos/Reuters/Hannah McKay)

Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pertama di dunia berada di Bank Barclays, Enfield, London Utara.

Solopos.com, LONDON —  Dalam rangka merayakan 50 tahun dipakainya mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), sebuah mesin ATM di London dilapisi emas. ATM tersebut berada di kantor cabang Bank Barclays, Enfield, London Utara.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Dilansir Reuters, Selasa (27/6/2017), mesin ATM pertama kali dioperasikan pada 27 Juni 1967. Generasi pertama ATM dipasang sebanyak enam unit di Bank Barclays. Mesin ATM generasi pertama itu merupakan desain karya penemu ATM, John Shepherd-Barron.

ATM yang kini dilapisi emas itu berada di sisi luar Bank Barclays Tak hanya dilapisi emas, karpet emas juga siap menyambut nasabah yang akan melakukan transaksi. Aktor dan komedian Reg Varney menjadi orang pertama yang dipersilakan melakukan transaksi di ATM berlapis emas.

“Meski beberapa tahun terakhir transaksi digital sedang mengalami kemajuan, uang tunai masih tetap menjadi alat pembayaran utama,” ungkap Head of Customer Experience and Channels Barclays, Raheel Ahmed.

Sekarang diperkirakan ada tiga juta mesin ATM di dunia, kurang lebih 70.000 di antaranya berada di Inggris.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya