SOLOPOS.COM - (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Tahukah Anda? menyimpan kentang dalam kulkas ternyata berbahaya.

Solopos.com, SOLO – Menyimpan bahan makanan dan sayuran dalam kulkas merupakan kerap dilakukan kaum ibu demi menjaga kualitas bahan dan mengawetkan makanan. Namun, cara ini tidak bisa dilakukan pada kentang.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Dikutip dari Metro.co.uk, Rabu (16/3/2016), diketahui kentang mentah yang terlalu lama disimpan dalam lemari es akan mengalami perubahan rasa saat dimasak. Suhu rendah membuat kandungan kanji pada kentang berubah menjadi gula. Hal ini akan membuat kentang menjadi manis dank eras.

Selain itu, menyimpan sumber karbohidrat ini di dalam kulkas juga dapat berdampak buruk bagi kualitas kentang tersebut. Pasalnya, saat kandungan kanji berubah menjadi gula, kentang akan menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya.

Food Standards Agency, lembaga ahli dalam bidang bahan makanan menyebutkan kandungan gula dalam kentang menimbulkan senyawa acrylamide saat bahan tersebut dimasak. Acrylamide merupakan bagian dari senyawa karsinogen yang memiliki pengaruh tinggi dalam meningkatkan resiko kanker.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menyimpan kentang di lemari makanan. Cara paling tepat untuk menyimpan bahan makanan ini adalah dengan menggunakan paper bag serta ditempatkan pada dalam tempat yang teduh. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya