SOLOPOS.COM - Tsai Lun si penemu kertas (Penemu.com)

Tahukah Anda membahas tentang pembuatan kertas pertama di dunia.

Solopos.com, SOLO – Kertas menjadi barang yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Selain untuk menulis, kertas juga digunakan sebagai media informasi.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Kertas yang ada saat ini telah melalui berbagai perjalanan yang panjang. Kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis, yang menyumbangkan manfaat bersar bagi peradaban dunia.

Dikuti Solopos.com, dari laman Casepaper.com, Jumat (11/11/2016), sejarah kertas bermula sejak zaman Mesir Kuno. Dahulu, orang-orang  Mesir Kuno memanfaatkan papirus, sejenis tanaman air untuk membuat kertas. Kertas berbahan papirus itu sangat terkenal hingga ke seantero dunia. Namun, karena bahan baku papirus sangat mahal, maka munculah ide lain dalam pembuatan kertas.

Tsai Lun, seorang pejabat pengadilan di Tiongkok berhasil menemukan kertas jenis baru yang terbuat dari kulit kayu murbei. Bagian dalam dari kulit kayu murbei itu diolah dengan cara merendamnya di dalam air, lalu dipukul-pukul hingga seratnya terurai. Selain kulit kayu, ia juga mencampurkan kain dan jala ikan bekas dalam ramuan kertasnya.

Setelah semua bahan tercampur rata dan menjadi bubur, adonan itu lalu dicetak pada papan kayu seperti dalam pembuatan tahu. Adonan yang dicetak itu lalu ditekan sampai menghasilkan lembaran yang tipis, kemudian dijemur sampai kering. Setelah kering, lembaran kertas kering tersebut dipotong sesuai kebutuhan dan siap digunakan.

Sekitar 105 Masehi, Tsai Lun memperkenalkan kertas buatannya kepada Kaisar Dinasti Han. Penemuannya itu dapat dilihat dalam catatan sejarah resmi Dinasti Han. Berkat penemuannya itu, ia menjadi seorang pengusaha kaya raya di Tiongkok. Kertas buatannya itu terkenal ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, sampai saat ini Tsai Lun dikenal sebagai penemu kertas pertama di dunia. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya