Ilustrasi pengemis (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Penuaan merupakan siklus alami setiap orang. Cepat atau lambatnya penuaan disebabkan berbagai faktor, salah satunya kemiskinan.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru kemiskinan ternyata memicu penuaan dini. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal kesehatan American Journal of Preventative Medicine, Januari 2017 lalu.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (21/9/2019), tim peneliti yang dipimpin Adina Zeki Al Hazzouri dari University of Miami, Amerika Serikat, mengungkap kemiskinan merupakan faktor penting yang memicu penuaan dini.

“Kemiskinan dan kesulitan hidup menjadi salah satu faktor penting yang mempercepat penuaan dini,” demikian penjelasan dalam penelitian tersebut.

Hasil penelitian itu ditulis berdasarkan pengamatan terhadap lebih dari 3.000 responden mulai 1985 hingga 2010. Selama penelitian berlangsung, peneliti mengukur sejumlah indikator, seperti kemampuan fisik serta fungsi kognitif.

Hasil penelitian menunjukkan kelompok yang mengalami masalah finansial menunjukkan hasil lebih buruk di hampir semua aspek. Tanda-tanda kemiskinan juga bisa dilihat dari ekspresi wajah seseorang.

Pernyataan itu merupakan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology. Dalam penjelasannya, peneliti menyebut orang kaya atau miskin terlihat dari ekspresi wajah.

Ahli psikologi dari University of Toronto, Kanada, menjelaskan, orang miskin cenderung berekspresi datar. Kesan pertama yang ditangkap dari ekspresi datar tersebut bisa menjadi indikator status ekonomi seseorang, serta memengaruhi interaksi dengan orang lain.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten