Tahukah Anda? Masturbasi Bisa Redakan Stres Perempuan
Ilustrasi perempuan masturbasi. (Greatist.com)

Solopos.com, SOLO — Masturbasi merupakan kegiatan yang sering kali dianggap tabu dan negatif bagi sebagian orang. Namun sebagian orang pasti pernah melakukan aktivitas memuaskan diri sendiri seperti itu.

Berdasarkan Survei Nasional Kesehatan Seksual dan Perlaku Seksual Indiana University yang dikutip pada Mindbodygreen.com, 1 Maret 2019, lebih dari setengah populasi orang dewasa di Amerika Serikat (AS) pernah melakukan masturbasi. Mereka mengaku melakukan masturbasi satu kali hingga empat kali dalam sepekan.

Pria cenderung lebih sering melakukan aktivitas tersebut dibandingkan wanita. Namun tahukah Anda masturbasi memiliki efek positif jika dilakukan wanita?

Menurut hasil studi Universitas Michigan pada 2009 silam, perempuan yang melakukan masturbasi hingga mencapai orgasme akan menyebabkan tubuh melepaskan dopamin, endorfin, dan oksitosin, yang ketiganya disebut hormon cinta.

Pelepasan hormon tersebut kemudian akan menurunkan kortisol, hormon stres utama. Tingkat kortisol yang tinggi akan menyebabkan stres, insomnia, dan resistensi penurunan berat badan. Itu artinya, masturbasi bagi perempuan bisa menurunkan risiko stres dan insomnia.

Meski memiliki efek positif, tentu masturbasi tidak disarankan atau bahkan dianjurkan bagi wanita. Ada banyak cara lain untuk meredakan stres selain dengan masturbasi. Olahraga dengan rekan sembari tertawa bersama juga bisa menurunkan stres tanpa harus melakukan masturbasi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho