Patung Buddha di Mojokerto, Jawa Timur (Instagram-@kabarmojokerto)

Solopos.com, SOLO – Indonesia merupakan salah satu negara yang wilayahnya cukup luas di dunia. Negara ini terdiri dari beberapa pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Meski demikian, tidak semua wilayah di Indonesia memiliki luas yang sama. Ada yang sangat luas dan sangat sempit. Nah, tahukah Anda kota mana yang paling kecil di Indonesia?

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (5/1/2019), Mojokerto, Jawa Timur, disebut sebagai kota terkecil di Indonesia. Luas wilayahnya sekitar 16,47 kilometer persegi atau sepertiga luas Kota Solo, Jawa Tengah yang sekitar 44.03 kilometer persegi. Meski wilayahnya tidak begitu luas, Kota Mojokerto memiliki sejumlah objek wisata yang cukup menarik.

Kota Mojokerto memiliki dua bangunan bersejarah peninggalan zaman Belanda, yakni Gereja Protestan Indonesia dan Masjid Agung Al Fattah. Gereja tersebut merupakan yang tertua di Mojokerto. Sementara Masjid Agung Al Fattah yang berada di sebelah barat Alun-Alun Kota Mojokerto telah berusia 140 tahun. Masjid yang berada di jantung Kota Mojokerto itu didirikan pada 7 Mei 1878.

Ada pula patung Buddha tidur yang bisa dijadikan spot berfoto. Ada pula dermaga Sungai Brantas yang biasa dijadikan lokasi rekreasi keluarga. Seiring dengan perkembangan zaman, ada beberapa tempat menarik dan kekinian yang layak dikunjungi ketika mampir ke Kota Mojokerto.

Pelancong juga bisa memanjakan lidah dengan barbagai kuliner khas Kota Mojokerto. Mulai dari bakso, satai bangil, botok tempe, dan soto ayam yang siap menggoyang lidah. Anda juga harus mencicipi onde-onde Bo Liem yang legendaris ketika singgah di Kota Mojokerto.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten