SOLOPOS.COM - Kemeriahan bridal shower Laudya Cynthia Bella (Instagram @shireensungkar)

Tahukah Anda kali ini tentang sejarah bridal shower yang makin populer di kalangan masyarakat.

Solopos.com, SOLO – Bridal shower menjadi salah satu acara yang digelar sederet artis ternama menjelang pernikahan. Mulai dari Kezia Karamoy, Raisa, hingga Laudya Cynthia Bella, mendapat kejutan bridal shower dari sahabat mereka. Bukan hanya di kalangan selebritas, masyarakat awam juga mulai melakukan acara ini sebelum pernikahan.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Kendati demikian, masih banyak orang yang belum tahu soal bridal shower. Apakah Anda termasuk salah satunya? Penasaran, apa itu bridal shower dan kapan pelaksanaannya? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Theknot, Kamis (7/9/2017), di bawah ini:

Ekspedisi Mudik 2024

Bridal shower merupakan pesta pemberian hadiah yang diadakan untuk calon pengantin wanita sehari sebelum hari pernikahan. Bukan untuk hura-hura, pada awalnya acara ini dilakukan untuk mengumpulkan sumbangan bagi calon mempelai yang tidak punya biaya menikah. Tradisi ini sudah dilakukan masyarakat Eropa sejak abad ke-16.

Pesta itu awalnya hanya dihadiri wanita saja. Sebab, dalam acara tersebut calon mempelai akan menceritakan suka dukanya sebelum melepas masa lajang, termasuk soal biaya. Di saat seperti ini, sahabat calon pengantin tentu akan berkumpul dan memberikan hadiah serta doa restu. Tradisi ini kali pertama dilakukan oleh orang Belanda dan Belgia.

Bridal shower mulai dikenal di Amerika Serikat sekitar tahun 1890-an. Acara ini biasanya digelar kaum menengah ke atas. Tujuan acara ini tidak lagi menyumbang calon pengantin, melainkan untuk bersenang-senang. Bahkan, pria yang menjadi sahabat dekat dari calon pengantin boleh ambil bagian dalam acara tersebut.

Perkembangan tradisi birdal shower dari Amerika Serikat itu lama-kelamaan tersebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, bridal shower digelar sebagai kejutan bagi calon pengantin wanita. Mereka menghabiskan waktu sepanjang malam untuk berbagi kebahagiaan sebelum si wanita terpinang menikah dan sibuk mengurus keluarga.

Pesta ini digelar secara tertutup di rumah calon mempelai. Sang calon pengantin biasanya akan diberikan selempang bertuliskan bride to be mrs yang menandakan dirinya sudah dipinang. Acara ini biasanya digelar menjelang tanggal pernikahan yang direncanakan.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya