SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Saat sedang sakit, tubuh biasanya terasa lemas tak bertenaga. Jika sudah begini, orang biasanya menghabiskan waktu tanpa beranjak dari tempat tidur. Kebanyakan orang mengira rasa lemas muncul karena pengaruh obat-obatan. Benarkah demikian?

Obat-obatan memang memicu kantuk. Namun, sebenarnya bukan hanya obat yang menyebabkan rasa kantuk menguasai tubuh. Nah, tahukah Anda apa yang menyebabkan kantuk saat sedang sakit? Hasil penelitian dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat, seperti dikutip dari The Health Sites, Kamis (21/2/2019), menyebut keinginan tidur saat sakit dipicu menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Bakteri dan penyakit yang bersarang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jika sudah begini, otak bakal memproduksi sel khusus yang memicu keinginan tidur lebih lama. Tidur bakal lebih pulas setelah minum obat. Kebanyakan obat biasanya diberikan zat khusus yang membuat tidur lebih pulas.

Ekspedisi Mudik 2024

Jangan khawatir, tidur merupakan istirahat paling ampuh menyembuhkan berbagai penyakit. Saat sedang sakit, jangan paksakan tubuh melakukan aktivitas fisik terlalu berat. Biarkan tubuh beristirahat dengan tidur yang berkualitas. Pastikan kebutuhan tidur selama delapan jam per hari terpenuhi. Tidur sangat penting untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya