Ilustrasi cabai (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Makanan bercita rasa pedas cukup digemari karena mampu menggugah selera. Makanan ini terkadang membuat orang makan sangat lahap sampai lupa diri. Rasa pedas dari cabai memang meningkatkan nafsu makan.

Orang yang menyantap makanan pedas biasanya bakal mengeluarkan keringat hingga ingus dalam jumlah banyak. Tak jarang, rasa pedas tersebut membuat seseorang mengeluarkan air mata. Nah, tahukah Anda mengapa menyantap makanan pedas membuat ingus meler?

Dikutip dari Live Science, Rabu (12/6/2019), rasa pedas pada makanan berasal dari kandungan capsaicin. Selain itu, rasa pedas juga ditimbulkan oleh zat allyl isothiocyanate yang terkandung pada mustard atau wasabi.

Kedua zat yang menimbulkan rasa pedas itu memicu iritasi pada selaput pelindung paru-paru dan beberapa lubang di tubuh. Akibatnya lubang tersebut terbuka sehingga rentan menjadi jalan masuk bakteri dan berbagai virus lainnya.

Nah, cara tubuh mencegah masuknya virus atau bakteri ke lubang hidung adalah dengan memproduksi ingus. Ingus memang mampu mencegah masuknya berbagai benda asing ke dalam tubuh. Namun, kandungan bakteri yang rendah membuat ingus keluar dalam bentuk encer.

Sederhananya, ingus memang diproduksi tubuh untuk melindungi diri dari berbagai benda asing. Jadi, tidak perlu khawatir jika hidung berair akibat mengonsumsi makanan pedas. Sebab, hal tersebut memang sangat wajar 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten