SOLOPOS.COM - Apel sebagai salah satu buah pencegah kanker (stuffpoint.com)

Tahukah Anda membahas penyebab daging buah apel berwarna cokelat setelah dikupas.

Solopos.com, SOLO – Sering menjumpai daging buah apel berubah menjadi berwarna cokelat setelah dikupas? Dikutip dari laman Today I Found Out, Selasa (15/3/2016), ada penjelasan ilmiah di balik hal itu.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Warna cokelat pada daging apel menunjukkan lapisan baru yang berfungsi melindungi daging buah bagian dalam.

Lapisan ini berasal dari enzim dari buah apel itu sendiri. Saat kulit apel terkelupas, enzim ini bereaksi dengan oksigen di lingkungan sekitar. Proses tersebut menghasilkan lapisan baru yang berfungsi melindungi daging buah bagian dalam dari bakteri.

Enzim bernama polyphenol oxidase ini memiliki kandungan monophenol oxidase dan cathecol oksidase. Kedua senyawa ini jika bereaksi dengan oksigen akan menghasilkan o-quinones. O-quinones inilah yang berperan dalam melindungi apel dari bakteri serta sebagai antiseptik alami.

O-quinones merupakan senyawa yang tidak berwarna. Saat beraksi dengan asam amino serta oksigen di alam, o-quinones memproduksi melanin yang berwarna cokelat. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya