SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan sehat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sarapan sangat penting untuk memenuhi nutrisi tubuh. Melewatkan sarapan tanpa disadari menyebabkan kinerja otak tidak maksimal. Nah, tahukah Anda kapan waktu terbaik sarapan?

Dikutip dari Times of India, Selasa (24/9/2019), waktu yang tepat untuk sarapan adalah 30 menit setelah bagun tidur atau berkisaran pukul 07.00-09.00 pagi. Sarapan melebihi waktu itu mengganggu sistem metabolisme tubuh yang meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti diabetes serta jantung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain waktu, porsi makanan yang disantap saat sarapan wajib diperhitungkan. Para ahli gizi menganjurkan seseorang mengonsumsi makanan sekitar 25-30 persen dari total kebutuhan kalori harian, yaitu berkisar antara 400-500 kalori, saat sarapan.

Menu sarapan pagi yang baik harus mengandung buah-buahan, karbohidrat, dan protein. Beberapa buah yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah pisang, beri, atau apel. Sedangkan karbohidrat untuk sarapan bisa berupa roti, sereal, nasi, jagung, maupun singkong. Pelu diingat, porsi karbohidrat yang tepat adalah sekepalan tangan.

Dikutip dari Breakfast Benefits, makan di pagi hari alias sarapan sangat dianjurkan untuk memulai sistem metabolisme (alat pencernaan) manusia. Sebab, sistem metabolisme pada tubuh manusia akan berhenti secara otomatis saat tidur.

Berhentinya sistem metabolisme mengakibatkan tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Jika seseorang tidak memiliki energi, maka badan akan lesu dan tidak bersemangat. Selain itu, tidak sarapan juga membawa dampak negatif lainnya, yaitu; otak tidak bekerja dengan lancar, meningkatkan risiko obesitas, serta gangguan hormon seperti telat menstruasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya