SOLOPOS.COM - Mildred Hill dan Patty Hill (Usatoday.com)

Sosok pencipta lagu fenomenal Happy Birthday to You.

Solopos.com, SOLO – Ulang tahun biasanya dirayakan dengan sebuah pesta diikuti tradisi meniup lilin, memotong kue, dan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun atau Happy Birthday to You.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Merayakan ulang tahun tanpa menyanyikan lagu Happy Birthday to You, bagi sebagian orang akan terasa hambar. Meski dinyanyikan dalam berbagai bahasa, lagu Happy Birthday to You tetap memiliki nada yang sama. Nah, tahukah Anda siapa pencipta lagu Happy Birthday to You?

Dirangkum Solopos.com, dari Telegraph, Rabu (9/11/2016), lagu Happy Birthday to You diciptakan pada 1893. Lagu itu awalnya berjudul Good Morning to All, yang diciptakan oleh Mildred Hill, seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Saat itu ia menciptakan syair lagu dengan melodi sederhana yang berbunyi sebagai berikut:

Good morning to you,
Good morning to you,
Good morning, dear children,
Good morning to all.

Lagu itu awalnya diciptakan Mildred Hill guna menyambut para murid setiap pagi di sekolah. Pada 1893, lagu itu diterbitkan dalam sebuah buku lagu anak-anak di Amerika Serikat. Sejak saat itu, lagu Good Morning to You dinyanyikan oleh siswa TK setiap pagi dengan mengganti kata children dengan teacher.

Kemasyhuran lagu Good Morning to You di Amerika Serikat membuat Patty Hill, adik Mildred Hill, tertarik menciptakan sebuah lagu yang bisa dinyanyikan anak-anak di pesta. Oleh sebab itu, ia mengubah lirik lagu good morning to you menjadi happy birthday to you, dengan lirik berikut ini:

Happy birthday to you
Happy birthday to you
Happy birthday, Happy birthday
Happy birthday to you

Mildred Hill lahir pada 27 Juni 1859. Ia adalah seorang guru TK, penulis lagu, dan pendiri Association For the Education of Young Children (NAEYC), sebuah asisoasi pendidikan anak usia dini di Amerika Serikat. Sedangkan adiknya Patty Hill yang lahir 27 Maret 1868, adalah seorang musikolog dari Amerika Serikat.

Pada 1924, lagu Happy Birthday to You mulai dipublikasikan melalui radio. Lagu itu pertama kali dipakai di pertunjukkan Broadway, Amerika Serikat pada 1931, dan menjadi nada telegram Western Union pada 1933.

Kepopuleran lagu itu membuat Jessica, anak ketiga dari keluarga Hill berniat mematenkan karya kedua kakaknya itu. tapi sayangnya, ia tidak mengajukan hak cipta sampai tingkat federal. Akhirnya lagu Happy Birthday to You pun diterbitkan perusahaan Clayton F. Summy pada 1935.

Pada 1988, Warner Music perusahaan rekaman di Amerika Serikat mengklaim telah membeli hak cipta lagu Happy Birthday to You dari Hill bersaudara dan mengambil keuntungan sampai U$D2 juta setara Rp23 miliar per tahun.

Dikutip dari Usatoday.com, meski hanya memiliki lirik sebanyak empat baris, Happy Birthday to You telah masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai lagu yang paling sering dinyanyikan di seluruh dunia. Sampai saat ini, lagu Happy Birthday to You telah dinyanyikan dalam 143 judul film dan diterjemahkan lebih dari 18 bahasa.

Lagu Happy Birthday to You pernah dinyanyikan oleh Marlyn Monroe pada perayaan ulang tahun presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy, pada Mei 1962. Selanjutnya, pada 1969, salah seorang astronot yang mengorbitkan satelit Apollo 9 di luar angkasa menyanyikan lagu Happy Birthday to You untuk direktur NASA, Christopher Kraft. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya