SOLOPOS.COM - Nicolas Jacques Conte penemu pensil modern (Britannica.com)

Sosok penemu pensil kayu modern.

Solopos.com, SOLO – Pensil merupakan salah satu alat tulis yang penting bagi kehidupan manusia. Pada perkembanganya, pensil bukan hanya digunakan untuk menulis atau melukis, tapi juga sebagai kosmetik. Lantas, siapakah yang berjasa membuat pensil?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari laman Pencils.com, Selasa (8/11/2016), sejarah pembuatan pensil diawali dengan digunakannya grafit, batang logam tipis, pada 1564, di Borrowdale, Inggris. Grafit pada mulanya dimasukkan dalam sebuah tongkat kayu, yang menjadi cikal bakal pensil kayu modern.

Awal pemanfaatan grafit sebagai bahan baku pensil secara masal pada 1662, di Nuremberg, Jerman. Selanjutnya, pada 1760, keluarga Faber yang tinggal di Jerman mendirikan pabrik pensil pertama. Namun, pensil buatan pabrik itu kurang diminati, sebab pensil yang dihasilkan mudah patah dan mengotori tangan.

Ilustrasi Pensil (Static.wixstatic.com)

Ilustrasi pensil (Static.wixstatic.com)

Pada 1793, terjadilah perang antara Inggris dan Perancis. Seperti dikutip Solopos.com dari laman Pencilmuseum.co.uk, Selasa (8/11/2016), perang itu mengakibatkan perekonomian Negara Prancis melemah. Kondisi ekonomi yang lemah itu membuat impor grafit dari Inggris ke Perancis terhenti.

Kondisi serba sulit itu membuat ahli kimia Perancis, Nicolas Jacques Conte berinovasi membuat isi pensil dari bahan grafit non-impor. Nicolas Jacques Conte lahir pada 17 Agustus 1955 di Normandy, Perancis. Ia adalah seorang ahli kimia yang mengembangkan metode pembuatan pensil modern. Ia meninggal di usia 50 tahun, pada 8 Desember 1805, di Paris, Prancis.

Setelah melakukan berbagai percobaan, pada 1795 Conte berhasil menyempurnakan pembuatan pensil. Ia membuat isi pensil dari campuran grafit dan tanah liat, yang menghasilkan pensil berkualitas baik. Dari eksperimennya itu, Conte berhasil membuat pensil dengan warna hitam dengan tekstur yang baik.

Hingga saat ini, hasil eksperimennya itu masih digunakan sebagai ramuan pembuat isi pensil modern. Oleh sebab itulah, nama Nicolas Jacques Conte dikenal sebagai penemu pensil modern. Bahkan, sampai saat ini, nama Conte masih digunakan sebagai salah satu merek pensil di Prancis.

Pada awalnya, pensil diproduksi tanpa dicat pada bagian batangnya. Hal itu dimaksudkan untuk memperlihatkan kualitas kayu pada pensil itu. Namun, diakhir abad ke-19 hingga saat ini, pensil mulai dicat warna-warni guna mempercantik tampilannya.  (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya