Ilustrasi jerawat (Allure)

Solopos.com, SOLO – Jerawat merupakan salah satu masalah yang dialami banyak orang, khususnya remaja. Munculnya jerawat memang menyebalkan, apalagi jika muncul di bagian pipi dalam jumlah banyak. Selain terasa gatal dan panas, keberadaan jerawat tentu membuat penampilan kurang menarik.

Tahukah Anda apa penyebab munculnya jerawat di bagian pipi? Dikutip dari Boldsky, Selasa (25/12/2018), jerawat muncul karena produksi minyak berlebih dan kebersihan yang tidak terjaga. Tanpa disadari, penggunaan smartphone, bantal, dan handuk yang kotor menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Jerawat bakal semakin parah jika sering disentuh dengan tangan yang kotor. Bayangkan betapa kotornya tangan yang selama seharian menyentuh berbagai benda. Anda tentu tidak mau jerawat semakin meradang bukan? Nah, sebaiknya mulai sekarang hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor saat sedang berjerawat.

Selain kebersihan, perubahan hormon juga menjadi pemicu munculnya jerawat. Jerawat biasanya muncul kali pertama di wajah saat seseorang memasuki masa pubertas. Selama masa tersebut, sebum yang dihasilkan kelenjar minyak meningkat karena bertambahnya produksi hormon testosteron.

Bukan hanya remaja, masalah jerawat juga sering dialami orang dewasa, khususnya wanita saat menstruasi. Ketika menstruasi, hormon dalam tubuh wanita mengalami perubahan yang signifikan. Itulah sebabnya seorang wanita sering berjerawat saat menstruasi. Selain itu, wanita hamil pada trimester pertama juga kerap berjerawat karena perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten