Tutup Iklan
TAHUKAH ANDA ? : Ini Arti Stiker Angka yang Ada Di Buah Impor
Buah tanpa stiker kode (brightside)

Angka di Stiker buah impor memiliki arti masing-masing.

Solopos.com, SOLO – Buah-buahan impor yang dijual di berbagai pusat perbelanjaan biasanya ditempeli stiker kecil. Selain menampilkan logo perusahaan yang mendistribusikan buah tersebut, stiker itu juga memuat angka khusus yang disebut Price Look-Up Code (PLU).

Dikutip dari Brightside, Rabu (7/12/2016), angka dalam stiker itu merupakan informasi penting bagi konsumen. Jumlah angka dan nominal yang memulai kode tersebut memiliki arti mengenai bagaimana buah diproses oleh produsen sebelum dijual ke pasar.

Penasaran apa arti angka di stiker buah impor? Pahami selengkapnya di bawah ini.

Kode Empat digit, dimulai dengan angka tiga atau empat
Buah dengan kode ini berarti buah yang diproduksi menggunakan teknik agronomi modern. Hal ini berarti termasuk penggunaan pestisida dan pupuk kimia.

Kode 4 digit diawali dengan angka 3 atau 4 (brightside)
Kode 4 digit diawali dengan angka 3 atau 4 (brightside)

Kode lima digit dimulai dengan angka delapan
Buah dengan kode ini berarti sudah dimodifikasi secara genetik. Hal ini dilakukan dengan tujuan buah bisa tumbuh lebih cepat dari siklus aslinya. Melon, pisang dan pepaya dikabarkan sebagai beberapa buah yang paling sering dimodifikasi secara genetik.

Kode 5 digit dimulai angka 8 (brightside)
Kode 5 digit dimulai angka 8 (brightside)

Kode lima digit dimulai dengan angka sembilan
Jika asli, buah dengan kode ini biasanya dilengkapi dengan kata organic. Buah ini merupakan produk organik yang ditumbuhkan secara alami.

Kode lima digit dimulai dengan angka sembilan (brightside)
Kode lima digit dimulai dengan angka sembilan (brightside)

Buah impor tanda kode angka
Jika Anda menemukan buah impor memiliki stiker namun tanpa kode, atau tanpa stiker sama sekali, disarankan untuk menghindari produk tersebut. Semua produk yang diimpor harus melalui pelabelan khusus mengenai teknik produksinya. Jika label hilang, bisa diasumsikan ada masalah lain yang membuat buah itu tidak memiliki label. Sehingga lebih baik dihindari.

Buah tanpa stiker kode (brightside)
Buah tanpa stiker kode (brightside)

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho