SOLOPOS.COM - Kamera Polaroid (Onestep.com)

Tahukah Anda sejarah kamera polaroid?

Solopos.com, SOLO — Kamera Polaroid atau lebih dikenal dengan kamera langsung jadi adalah model kamera yang dapat memroses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kamera polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan film polaroid. Film polaroid yang dapat menghasilkan gambar berwarna dinamakan film polacolor.

Mengutip Wikipedia, menurut sejarahnya, kamera polaroid atau kamera gambar seketika jadi ini dirancang kali pertama oleh Edwin Land, dari perusahaan Polaroid dan dipasarkan sejak 1947.

Nama Polaroid sebetulnya adalah merek dagang, seperti orang menyebut semua pasta gigi dengan nama Odol, atau orang menyebut sepeda motor dengan nama Honda.

Jepretan pertama dengan menggunakan kamera polaroid dilakukan oleh Land pada 1944. Perusahaan pencipta kamera polaroid, Polaroid Corporation, didirikan pada 1937 oleh Land dan George Wheelwright.

Pada awalnya, perusahaan ini memproduksi barang-barang untuk kebutuhan militer seperti kacamata, lampu meja, kacamata pelindung dari asap, dan rudal pencari panas.

Usaha perusahaan ini berubah ketika Land menjual kamera pertamanya yang disebut Model 95 pada 26 November 1948 dengan harga US$89,75.

Kamera tersebut dapat memroduksi gambar secara langsung dalam waktu kurang dari satu menit. Model 95 menjadi contoh (prototipe) dari semua kamera produksi Polaroid dalam jangka waktu 15 tahun setelahnya.

Pada 1977, Edwin Land menjual kamera OneStep Land yang merupakan paten ke-500 miliknya dan menjadi kamera terbaik yang dijual di Amerika Serikat. Hingga 1983, Polaroid mempekerjakan 13.402 pekerja dengan penjualan mencapai US$1.3 miliar dan memiliki lebih dari 1.000 paten.

Sejak kamera digital ditemukan dan banyak digunakan, kamera langsung jadi buatan Polaroid menjadi kurang diminati. Akibatnya keadaan keuangan perusahaan ini menjadi terpuruk. Per 1988, Polaroid Corporation menderita kerugian dan menyatakan diri bangkrut pada 12 Oktober 2001.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya